Sukses

12 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Bahagia, Ada di Sini

Anda selama ini merasa tidak bahagia? Cobalah melakukan 12 hal berikut untuk menjadi pribadi yang lebih bahagia

Citizen6, Jakarta Kebahagiaan adalah sesuatu yang absurd. Tidak ada tolok ukur pasti bagaimana mengetahui tingkat kebahagiaan seseorang. Terkadang, orang yang kita kira bahagia, ternyata tidak bahagia terhadap hidupnya.

Emma Kenny, seorang terapis psikologis mengungkapkan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu hidup Anda lebih bahagia. Sebagaimana dilansir dari Mirror, Selasa (09/06/2015), inilah 12 hal tersebut:

1. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Sesibuk apapun Anda, luangkanlah waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Baik hobi, bercengkrama bersama teman, atau bahkan sekadar mendengarkan musik. Hal ini sangat penting untuk membuat kesehatan mental Anda terjaga dan tetap positif.

2. Menentukan tujuan hidup

Jangan biarkan hidup mengalir seperti air. Buatlah daftar hal-hal yang ingin Anda capai, lalu bulatkan tekad dan berusaha mencapai hal tersebut. Menetapkan tujuan dan berusaha mencapainya akan membuat Anda mau berjuang dan hidup tidak membosankan.

3. Belajar untuk bersantai

Selama ini mungkin Anda terlalu serius menjalani hidup. Cobalah jangan terlalu dalam memikirkan suatu masalah. Hidup bila terlalu serius tentulah membosankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Menjalin hubungan dengan teman, keluarga, dan pasangan

Jangan biarkan pekerjaan menyedot waktu Anda. Bagaimanapun, tak selamanya uang bisa membuat Anda bahagia. Jalinlah selalu hubungan yang baik dengan teman, keluarga, maupun pasangan Anda. Sebab, saat Anda sedang berada di bawah, merekalah yang akan menyokong Anda untuk bangkit kembali.

5. Belajar untuk egois

Selama ini mungkin Anda selalu mementingkan kebahagian orang-orang di dekat Anda. Namun, cobalah untuk memastikan kebahagiaan Anda sendiri. Penuhi kebutuhan Anda, apapun itu, agar Anda memiliki energi untuk menjalani aktifitas selanjutnya.

6. Gali kelebihan Anda

Identifikasikan apa yang menjadi kelebihan diri Anda, hal tertentu yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Hal ini akan membuat Anda mengingat bahwa Anda juga pribadi yang luar biasa dan tidak rendah diri.

7. Melakukan sesuatu yang berisiko

Terkadang hidup menuntut Anda untuk mengambil risiko. Hidup yang datar-datar saja akan membuat Anda merasa pasif. Cobalah ambil risiko melakukan sesuatu yang selama ini Anda takuti.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

8. Memperlakukan diri sendiri dengan baik

Luangkanlah waktu untuk memanjakan diri sendiri. Pergilah ke salon atau spa. Manjakan bagian tubuh yang mungkin selama ini terlupakan. Berpikirlah positif dengan diri Anda sendiri.

9. Belajar untuk mengatakan tidak

Berhentilah untuk senantiasa melakukan hal-hal yang diminta oleh orang lain. Sesekali, katakanlah tidak bila Anda keberatan dengan hal tersebut. Anda akan merasa lebih baik saat Anda tidak perlu kewalahan dengan apa yang sebenarnya tidak ingin Anda lakukan.

10. Melakukan detoks digital

Mungkin Anda tidak menyadari, kecanduan Anda terhadap media sosial juga dapat membuat Anda tidak bahagia. Saat Anda membuka media sosial, tanpa sadar Anda akan membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Letakkanlah gadget Anda sesekali. Bersosialisasilah secara nyata.

11. Pergi ke alam terbuka

Berjalan-jalan di alam terbuka maupun menghirup udara segar, kadangkala sangat baik untuk kesehatan mental Anda sendiri.

12. Cobalah untuk menjalani hidup Anda yang sekarang

Banyak dari Anda yang hidup dalam penyesalan terhadap masa lalu maupun khawatir terhadap apa yang akan terjadi kelak di masa depan. Cobalah tarik nafas dalam-dalam dan tidak terlalu memikirkan hal-hal tersebut, niscaya Anda akan merasa hidup Anda lebih baik. (sul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.