Sukses

Inilah Perempuan yang Jadi Model Majalah Transgender Pria Pertama

Siapa sangka pria berotot ini ternyata seorang transgender pria yakni seseorang yang terlahir sebagai perempuan dan memilih menjadi pria.

Citizen6, Jakarta Aydian Dowling mungkin tampak sama seperti pria-pria lainnya yang mengikuti ajang sampul majalah kesehatan pria. Dengan badan berotot dan wajah berjenggot tipis, ia merupakan kandidat kuat sebagai pemenang. Namun, satu hal yang membuat ia berbeda adalah Dowling sesungguhnya adalah transgender. 

Dowling awalnya menyadari dirinya seorang perempuan yang menyukai perempuan pada umur 13. Sejak saat itu, ia pun memilih mengencani perempuan. Pada usia 20 tahun, sesuatu terjadi.

"Mantan-mantanku bertanya padaku kalau-kalau aku berpikir untuk menjadi seorang pria. Dan hal tersebut cukup menggangguku," ujar Dowling sebagaimana dilansir dari news.com.au, Kamis (11/06/2015).

Setelah itu, Dowling pun mulai mencari informasi tentang transgender di internet. Selanjutnya, ia memantapkan dirinya menjadi seorang pria.

Butuh waktu lima tahun lebih untuk menjadi seperti dirinya saat ini. Selama itu, ia mengunggah perubahan dirinya dari perempuan menjadi seorang pria di Youtube. Tak dinyana, video-videonya ternyata disukai banyak orang.

dowling, transgender pria

Sementara itu, meski ia mendapat banyak dukungan, toh ia tetap menerima kecaman dan komentar negatif dari banyak orang. Namun Dowling  memilih untuk memfokuskan diri pada orang-orang yang mendukungnya.

Meski Dowling telah menikah dengan seorang perempuan, ia masih harus menyuntik hormon terapi seminggu sekali. Ia pun berniat mengangkat jaringan payudaranya. Langkah terakhir untuk menjadi pria seutuhnya, ia akan melakukan histerektomi atau pengangkatan rahim.


Terkait kompetisi tersebut, Dowling masih diunggulkan oleh banyak pihak. Dan bila ia memenangkan kompetisi tersebut, Dowling akan menjadi transgender pria pertama yang menjadi model majalah di New York. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.