Sukses

Sumbawa, dari Eloknya Alam sampai Budayanya Mempesona

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar Pulau Sumbawa? Susu Kuda Liar, Madu, atau Si Kumba di Acara Arena 123?

Citizen6, Jakarta Apa yang ada di benak Anda saat mendengar Pulau Sumbawa? Susu Kuda Liar, Madu, atau Si Kumba di Acara Arena 123? Pemirsa, tulisan ini akan memperkenalkan Anda lebih jauh lagi dengan pulau yang diapit oleh Pulau Lombok di sebelah barat dan Pulau Komodo di sebelah timur ini. Bersama dengan Pulau Lombok, pulau ini menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan luas mencapai 14.386 km2. Terbagi menjadi empat kabupaten dan satu kotamadya, yakni Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima serta Kota Bima.

Jika keadaan geografis Pulau Lombok memiliki banyak kemiripan dengan Pulau Jawa dan Bali, Sumbawa cenderung mirip dengan Pulau Komodo dan Flores. Cuacanya lebih kering dan panas dengan daratan yang didominasi oleh padang savanna dan kontur daratan yang berupa gunung-gunung. Gunung-gunungnya ditumbuhi oleh pepohonan kerdil dengan daun yang cenderung kecil juga bebatuan yang menyembul dari dalam tanah.

Di musim kemarau, sejauh mata memandang akan tersaji warna coklat yang eksotis ala Afrika. Persawahan yang semula ditumbuhi padi atau jagung akan menjelma menjadi padang ilalang. Saat moment itu tiba, pastikan Anda menyiapkan kostum terbaik, peralatan yang memadai dan stamina untuk…jeprat jepret.

Selengkapnya

Pengirim:

Najwa Najib

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.