Sukses

Negara-negara dengan Waktu Puasa Terpanjang dan Terpendek

Ada beberapa negara yang mengalami waktu puasa terpanjang dan terpendek di dunia. Negara apa saja?

Citizen6, Jakarta Puasa adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim seluruh dunia. Puasa 'wajib' dilaksanakan pada bulan Ramadhan selama 30 hari lamanya. Puasa diawali dengan makan sahur di sepertiga malam dan dimulai saat adzan subuh berkumandang hingga selesai pada saat Adzan Magrib dibunyikan.
 
Setiap negara tentunya memiliki durasi puasa yang berbeda dengan negara yang lainnya. Kita sebagai orang Indonesia akan berpuasa hampir 13 jam lamanya. Kita sebagai penduduk Indonesia terbilang beruntung karena bisa menjalankan puasa hanya 13 jam dalam sehari.
 
Berbeda dengan negara lainnya seperti negara-negara di daerah Skandinavia yang harus berpuasa hampir 21 jam lamanya dalam satu hari. Perbedaan waktu atau durasi puasa disebabkan oleh perputaran Bumi dalam mengelilingi Matahari tidaklah lurus tapi  miring. 
 
Hal ini membuat pada waktu tertentu, Maret hingga September, negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Sementara pada periode Oktober - Februari negara-negara di belahan selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara. 

Berikut adalah beberapa negara dengan waktu puasa terpanjang di dunia

Negara-negara Skandinavia waktu puasa terlama di dunia, 21 jam
 
Negara-negara skandinavia misalnya Swedia, finlandia dan Norwegia tengah memasuki musim panas dan matahari terbit sangat lama yaitu 21 jam (1 hari kurang 3 jam), hal ini menjadikan puasa di wilayah ini merupakan puasa terlama di dunia.
 
Walaupun waktu puasa berlangsung sangat lama, ternyata ada yang mampu bertahan dan sebagian umat muslim di sana mengikuti waktu berbuka puasa Arab Saudi. Banyak ulama memperbolehkan umat muslim di sana untuk berbuka di waktu yang sama dengan Arab Saudi atau Turki.
 
Rusia waktu berpuasa 19 jam 
 
Rusia, salah satu negara yang terletak di bagian paling utara bumi mulai melaksanakan ibadah puasa sejak imsak pada pukul 03:15 sampai berbuka pada pukul 21:37 yang berarti umat muslim di sana berpuasa hampir 19 jam.
 
Inggris waktu puasa 17 jam 45 menit 
 
Pada tahun ini, umat muslim yang berada di Inggris akan melaksanakan puasa selama 17 jam 14 menit, 2,5 jam lebih pendek dari waktu berpuasa di Rusia.
 
Amerika Serikat waktu puasa 16 jam 
 
Di negara paman sam, waktu berpuasa juga lebih lama dibandingkan dengan Indonesia, waktu berpuasa di Amerika serikat adalah 16 jam.
 
Jepang waktu puasa 15 jam 37 menit 
 
Umat muslim yang berada di negara matahari terbit, berpuasa selama 16 jam 37 menit. Selain waktu berpuasa yang cukup lama, umat muslim di sana juga cukup kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual makanan halal.
 
Negara-negara di atas adalah negara yang memiliki durasi puasa paling panjang. Namun di sisi lain bumi, terdapat negara yang tidak lama terlalu lama menahan lapar dan haus di siang hari. Hal ini karena negara tersebut telah memasuki musim dingin sehingga siang harinya lebih pendek daripada malam harinya. Negara-negara ini terletak di belahan bumi bagian selatan. 
 
Lalu bagaimana dengan negara-negara dengan waktu puasa terpendek di dunia? Baca langsung di sini
 
Pengirim:
Iing Solihin
 
**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.