Sukses

Heroik, Kisah Gadis 9 Tahun Selamatkan Neneknya dari Kebakaran

Gadis kecil ini tak takut melangkah ke dalam api yang berkobar untuk selamatkan neneknya

Citizen6, Jakarta Gao Zi Han, gadis berusia sembilan tahun menderita luka bakar parah. Lebih dari 25% tubuhnya menderita luka bakar setelah ia menyelamatkan neneknya saat kebakaran melanda kediamannya. Kebakaran terjadi pada tanggal 21 April 2015 di provinsi Heilongjiang, Cina.

Saat kebakaran terjadi, di rumah tersebut terdapat Zi Han, ibunya, serta kakek dan nenek Zi Han. Para penghuni rumah berlarian menyelamatkan diri ketika api makin membesar. Sayang, sang nenek, Zhang, penglihatannya kurang baik. Ia terjebak dalam rumah dengan api yang membesar. Sadar sang nenek belum keluar, Zi Han kembali ke dalam rumah untuk menyelamatkan si nenek.

Gadis pemberani tersebut memapah Zhang keluar rumah. Belum sampai di luar, langkah mereka dihentikan oleh atap yang runtuh. Khawatir Zi Han terluka, Zhang menggunakan tubuhnya untuk melindungi Zi Han. Mereka berdua akhirnya berhasil keluar, namun tubuh mereka dipenuhi luka bakar.

Zi Han dirawat

Zi Han menderita luka bakar 25% dari tubuhnya, sedang sang nenek 60% tubuhnya menderita luka bakar. Mereka berdua dirawat selama enam hari di Rumah Sakit Harbin namun segera dipindahkan ke rumah sakit di kota Suihua. Di sini timbul masalah, sang ibu tak mampu membiayai perawatan mereka berdua yang terlalu besar.

Zhang masih bertahan di ICU. Hidupnya bergantung pada ventilator. Sementara Zi Han, meski sudah mulai membaik, masih harus menggunakan obat-obatan untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Rumah sakit menyarankan operasi pencangkokan kulit agar keduanya bisa bertahan hidup, tapi biaya yang dibutuhkan sangat besar. Kewalahan, sang ibu meminta bantuan pada WeChat untuk menyebar kisah mereka. Kisah Zi Han dan neneknya menyebar dengan cepat. Bantuan mulai berdatangan.

Zi Han

Dikutip dari Shanghaiist, Kamis (18/06/2015), Hui Lan Wang, ketua pusat luka bakar di Guye, Tangshan, menawarkan untuk memberikan kedua orang pemberani tersebut pengobatan gratis sampai keduanya pulih.

Tanggal 6 Juni, Zi Han dan neneknya tiba di Tangshan dan menjalani perawatan medis. Dokter yang merawat mengatakan Zi Han membuat kemajuan besar dalam pemulihan. Meski masih terdapat jejak luka bakar di dahinya, wajahnya tidak terluka secara permanen. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini