Sukses

Cara Mengatur Pola Makan yang Dianjurkan Saat Berpuasa

Jangan asal makan saat berpuasa. Ada aturan tersendiri dalam memakan makanan saat Ramadhan

Citizen6, Jakarta Ramadan telah tiba, dimana seluruh umat muslim di dunia yang telah sampai umur wajib untuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Dengan ini, maka secara otomatis, kegiatan mengkonsumsi makanan praktis hanya bisa dilakukan pada saat sahur dan berbuka puasa saja. Kecenderungan umat muslim, biasanya mempersiapkan menu sahur dan juga berbuka dengan berlebihan. Banyak menu kemudian disiapkan dengan alasan bisa makan sahur dengan kenyang dan juga balas dendam dengan berbuka dengan makanan yang banyak.

Akan tetapi, hal tersebut jelas kurang baik dan tidak dianjurkan sama sekali. Penting bagi anda untuk memenuhi segala kebutuhan gizi harian anda meski sedang berpuasa dengan cara memperhatikan komposisi atau bahan makanan anda agar sesuai dengan kebutuhan anda saat berpuasa.

“Puasa itu hanya menggeser jam sarapan dan melewatkan makan siang. Saya menganjurkan saat sahur kita harus makan makanan lengkap dengan karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah,” kata Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Hal yang wajib anda perhatikan saat sahur adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang dapat membuat anda dapat kenyang dalam kurun waktu yang agak lama. Namun, penting juga bagi anda agar menjaga kadar gula dalam darah anda tidak naik dengan pemenuhan tersebut. Jika yang terjadi pada anda adalah perasaan pusing dan lemas bisa jadi kadar gula dalam darah anda menurun secara drastis.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini