Sukses

6 Tips Memilih Tempat Bukber yang Nyaman

Setelah menahan diri selama sehari, buka puasa adalah momen yang melegakan.

Citizen6, Jakarta Setelah menahan diri selama sehari, buka puasa adalah momen yang melegakan. Sambil menunggu buka puasa tersebut, mereka biasanya mempersiapkan diri dengan membaca Quran atau mendengarkan khutbah dari ustaz.

Namun ada juga yang melakukan buka puasa (bukber) secara bersama-sama. Momenn ini sekaligus dipakai juga sebagai ajang kumpul-kumpul, silaturahim dengan keluarga, reuni dengan teman lama, berakrab-akrab dengan teman komunitas, atau bukber dengan partner kerja atau kolega untuk menjaga hubungan baik. Sehingga jika dituruti, selama 30 hari bisa-bisa kita tak bisa buka bersama dengan keluarga sendiri.

Namun harus diwaspadai, sebelum memilih untuk bukber, sebaiknya diperhatikan 6 hal ini:

1. Pilih lokasi yang terjangkau semua teman yang diundang

Lokasi tempat buka puasa sangat menentukan kenyamanan saat berbuka puasa. Untuk memudahkan semua orang-orang yang di undang, sebaiknya memilih tempat yang lokasinya berada di tengah, sehingga semua yang akan hadir di acara penting tersebut tidak mengalami kesulitan untuk menjangkau tempat tersebut.

JIka mengundang banyak orang, pilih tempat yang sudah populer atau familiar saja, agar tidak terlalu lama membahas cara menuju ke lokasinya.

2. Pastikan "book" tempat sehari sebelumnya

Banyaknya orang yang melakukan buka bersama, membuat beberapa tempat makan penuh sesak. Karena itu kita harus membooking tempat minimal sehari sebelumnya. Jangan sampai datang, meja dan kursi sudah terisi semua.

3. Pilih restoran dengan menu yang "biasa" sehingga perut tidak shock

Biasanya setelah berbuka puasa dilanjutkan dengan salat maghrib atau bahkan salat tarawih, sehingga waktu buka puasa sangat pendek. Biar tidak terlalu lama, pilih menu-menu yang biasa, yang cara memakannya tidak rumit. Dan pastikan tidak memesan menu dengan rasa yang ekstrim agar perut kita tidak shock setelah seharian puasa.

4. Pilih tempat yang menyediakan mushala

Suasan buka bersama di tempat makan biasanya sangat crowded. Agar lebih nyaman beribadah, pilihlah tempat makan yang menyediakan  musala atau masjid yang luas. Sangat jarang mal di Jakarta yang menyediakan masjid yang benar-benar memadai. Karena itu pastikan memilih tempat makan bukan di mal.

5.Datang lebih awal

Agar bisa ngabuburit lebih lama, sebaiknya berangkat lebih awal. Karena di lokasi pasti akan bertemu teman, kerabat yang jarang bertemu langsung. Manfaatkan momen ini untuk lebih saling mengenal dengan berbincang lebih lama. Selain makin akrab siapa tahu ada peluang-peluang atau kegiatan yang bisa dikolaborasikan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.