Sukses

8 Tips Ini Bantu Hilangkan Stres Saat Kerja

Banyak hal ditemui saat kerja yang kadang membuat Anda stres.

Citizen6, Jakarta Banyak hal ditemui saat kerja yang kadang membuat Anda stres. Pekerjaan menumpuk, dikejar deadline, persaingan, bertengkar dengan teman kerja atau atasan, iri pada yang lain atau karena efek kemacetan hingga membuat Anda terlambat adalah beberapa hal yang bisa membuat Anda stres saat kerja. Anda bisa kehilangan konsentrasi, kerja tidak semangat, terkadang bisa juga Anda mendadak jatuh sakit.

Apapun alasannya, tidak ada ruang bagi Anda untuk menyesalinya. Anda harus segera menghilangkan perasaan stres Anda agar tidak berakibat lebih buruk terhadap Anda dan pekerjaan Anda.

Bersyukur

Menurut Robert Emmons, seorang ahli psikologi, bersyukur dapat menghidupkan dan mempertebal sistem kekebalan psikologis sehingga tidak akan mudah down saat menghadapi berbagai masalah. Bersyukur dapat dilakukan dengan cara menyadari bahwa permasalahan yang sedang Anda hadapi membuat Anda lebih dewasa dan membuat Anda terbantu untuk menangani dan menghadapi permasalahan di lain waktu.

Tarik nafas dalam–dalam

Diamlah sejenak, pejamkan mata lalu tarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan buang pelan–pelan lewat mulut. Lakukan berulang-ulang selama 2-5 menit. Karena dengan menarik nafas dalam-dalam, syaraf-syaraf otak yang tegang bisa menjadi reda sehingga akan lebih mudah meningkatkan konsentrasi.

Tertawa

Bila pikiran Anda mulai merasakan ketegangan dan mulai stres, cobalah untuk tertawa. Bisa dengan cara memaksa diri untuk tertawa, atau menonton video – video lucu menggemaskan di YouTube. Bila Anda bisa menyendiri di dalam ruangan atau di toilet, bercerminlah dan tertawa. Pertama kali mungkin Anda merasa aneh, lama – lama Anda akan terbiasa.

Menurut penelitian, tertawa bisa memicu kinerja hormon endorfin dan dopamin dalam otak, yaitu hormon yang berfungsi membuat bahagia dan rileks. Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini