Sukses

Jengkol, Bau Namun Kaya Akan Manfaat

Pernahkah Anda memikirkan apa sebenarnya khasiat/manfaat dari jengkol yang bau?

Citizen6, Jakarta Jika Anda ingin menghilangkan bau yang timbul akibat makan jengkol maka makanlah petai untuk menghilangkan bau jengkol. Begitu juga sebaliknya. Sebuah guyonan mengenai buah jengkol, karena bau menyengat yang dapat mengalahkan jengkol ya hanya petai, begitu juga bau petai menyengat yang bisa mengalahkan ya buah jengkol.

Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum atau yang sering kita kenal dengan buah jengkol, buah yang beraroma bau menyengat namun kaya akan manfaat. Populasi terbanyak pohon jengkol terdapat di asia tenggara terutama di Thailand dan Indonesia.

Indonesia adalah negara dengan populasi pohon jengkol terbanyak di dunia khususnya di Jawa Barat yang bisa menghasilkan 100 ton per hari untuk di konsumsi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa buah jengkol kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, fosfor, minyak atsiri dan saponin.

Kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi buah jengkol langsung dimakan sebagai lalapan dan tak jarang juga yang memasaknya. Makan jengkol dapat menambah nafsu makan. Selain langsung dapat dimakan buah jengkol ini bisa diolah menjadi jajanan yang enak seperti kerupuk jengkol, balado jengkol dan yang lainya.

1. Membantu mempercepat melangsingkan perut yang buncit

Kandungan serat yang terdapat pada buah jengkol dapat melancarkan buang air besar. Apabila anda sulit BAB makanlah jengkol dengan demikian secara tidak langsung akan melangsingkan perut yang buncit. Bisa dikatakan juga sebagai makanan pencuci perut yang ampuh selain buah apel.

2. Cara ampuh mengobati jantung koroner

Bagi penderita jantung koroner sangat dianjurkan untuk makan jengkol namun jangan terlalu banyak, sedikit namun rutin. Cara ini sangat ampuh sekali mengobati jantung koroner karena dalam jengkol terdapat berbagai vitamin, mineral jengkolat dan serat tinggi. Dalam jengkol juga terdapat Khasiat diureticyang membantu melancarkan pembuangan urine sehingga menguntungkan untuk penyembuhanya.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini