Sukses

Karena Gitar Uniknya, Pria Tunanetra Ini Mendunia

Kisah Wesseh Freeman atau akrab disapa Weesay nampaknya akan menginspirasi banyak orang di dunia.

Citizen6, Liberia Kisah Wesseh Freeman atau akrab disapa Weesay nampaknya akan menginspirasi banyak orang di dunia. Pria tunanetra ini menjadi viral di internet karena keterampilannya dalam memetik badass (alat musik) yang dibuatnya sendiri.

Dilansir Odditycentral pada Rabu (1/7/2015), sebuah gitar hasil buatan tangannya yang dirakit dengan kayu, kaleng bekas dan beberapa senar ini nyatanya menarik perhatian Nikhil dan Sachin Ramchadani, pemilik sebuah perusahaan kentang di Liberia. Tak butuh waktu lama, mereka pun memutuskan untuk mengajak Weesay dalam pembuatan jingle produk mereka.

Setelah Weesay berhasil menyelesaikan jingle O! Chips, pihak perusahaan pun langsung mem-postingnya video Weesay di situs YouTube. Tak disangka, klip Weesay langsung viral dan menjadi sorotan di internet.

Odditycentral

Weesay, pria berusia 37 tahun ini adalah seorang tunanetra dan tunawisma. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi kemampuannya dalam bermusik. Jelas, ia sangat berbakat walaupun ia hanya menggunakan alat musik hasil buatannya sendiri.

Tak lama setelah video itu di posting, ia pun seakan menjadi penyanyi dan komposer dadakan. Bahkan seorang pengagumnya dari Amerika memberikan sebuah gitar Ovation untuknya. Namun, adapula Ramchandani bersaudara yang membuat kampanye IndieGogo yang bertujuan dengan mengumpulkan dana bagi Weesay untuk membeli rumah dan operasi besar untuk mengembalikan penglihatannya.

Setidaknya mereka harus mengumpulakan 70 ribu dolar atau setara dengan Rp 900 juta untuk memenuhi kebutuhannya. Sayangnya, kampanye tersebut hanya berhasil mengumpulkan sekitar 1000 dolar atau Rp 13 juta dalam dua bulan. (ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini