Sukses

Loenpia Jazz 2015: Kreatifnya Anak Muda Semarang

Acara yang satu ini terselenggara berkat kerja kreatif anak muda Semarang

Citizen6, Jakarta Minggu, 7 Juni 2015, saya berkesempatan menghadiri event menarik yang berlangsung di kota Semarang. Event yang merupakan festival jazz, bernama Loenpia Jazz 2015, berlangsung dari siang hingga malam hari dan digelar di Puri Maerakaca, Semarang.

Loenpia Jazz yang diselenggarakan oleh anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas Jazzngisoringin Semarang ini konsisten dilaksanakan setiap tahun dan telah berlangsung sejak tahun 2012. Loenpia Jazz kali ini adalah pergelarannya yang ke-4.

Berikut catatan saya tentang pergelaran Loenpia Jazz 2015:

Tentang Komunitas Jazzngisoringin

Berbicara mengenai Loenpia Jazz tentu tak terlepas kaitannya dengan Komunitas Jazzngisoringin. Komunitas inilah yang berada dibalik terlaksananya, dan merupakan motor penggerak utama, pergelaran Loenpia Jazz. Komunitas Jazzngisoringin sendiri boleh dibilang sebagai wadah bagi musisi, pencinta musik dan juga pemerhati musik yang berada di Semarang yang mencoba berkomunikasi dalam satu bahasa yaitu bahasa jazz.

Jazzngisoringin, dalam bahasa Indonesia, berarti jazz di bawah pohon beringin. Nama yang diambil dari saat pertama kali komunitas ini manggung dan ber-jam session di bawah pohon beringin, pada salah satu cafe yang berada di Semarang, pada tanggal 13 Juli 2009.

Selanjutnya acara jam session ini dilaksanakan reguler setiap 2 minggu sekali setiap hari Senin. Selain tampil reguler, komunitas Jazzngisoringin juga tampil setiap bulan pada event-event tertentu. Festival jazz tahunan Loenpia Jazz ini merupakan perayaan ulang tahun komunitas Jazzngisoringin yang diadakan sejak tahun 2012.

Saya mengenal komunitas Jazzngisoringin pertama kali saat menyaksikan penampilan komunitas jazz ini di festival jazz yang diadakan di kota Pemalang, Pemalang Jazz Festival, pada hari Minggu, 25 Januari 2015. Saat itulah saya sejenak sempat ngobrol dengan Mas Gatot Hendraputra yang tampil malam itu mewakilki komunitas Jazzngisoringin.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim: Titik Asa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.