Sukses

6 Tips Tetap Bugar Menyusui Saat Puasa

Ada tips tersendiri jika Anda ingin tetap bugar menyusui saat puasa

Citizen6, Jakarta Puasa Ramadhan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Termasuk ibu hamil dan menyusui. Namun Islam memberikan kelonggaran / keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk dapat membatalkan puasa Ramadhan dengan membayar fidyah dan mengganti puasa di hari yang lain.

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah di mana terdapat berbagai keutamaan ibadah. Rasanya sayang sekali melewatkan puasa Ramadhan yang datang hanya sekali dalam satu tahun.

Bagi Ibu hamil dan menyusui yang bertekad untuk tetap menjalankan manisnya ibadah puasa Ramadhan, simak tips ini agar tetap bugar dan ASI lancar saat menjalanan puasa.

1. Tetap Makan 3 kali sehari

Tetaplah makan 3 kali sehari dengan menu gizi seimbang, pada waktu sahur, berbuka dan 1 jam sebelum tidur. Ibu menyusui memerlukan tambahan kalori sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan ASI yang berkualitas untuk bayi.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Cara paling mudah untuk menakar berapa sayur yang harus kita konsumsi setiap hari adalah minimal seukuran 5 kepalan tangan. Konsumsi buah dan sayur yang cukup terbukti memperbanyak produksi ASI dan menjaga badan tetap bugar di siang hari saat berpuasa.

3. Perbanyak minum cairan

Usahakan mencukupi kebutuhan cairan sebanyak minimal 1 liter per hari. Dengan cara minum pada waktu berbuka, malam hari lepas tarawih, dan pada waktu sahur. Cairan yang cukup membantu kita tetap bugar. Khusus ibu menyusui, konsumsi cairan harus ditambahi. Karena tubuh ibu akan mengeluarkan cairan lebih banyak berupa ASI. Idealnya ibu menyusui mengkonsumsi cairan setidaknya 2 liter, termasuk jus buah-buahan.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim: Ari Tunsa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di si

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini