Sukses

10 Tahun Tak Mandi, Apa yang Terjadi dengan Tubuh Pria Ini?

Choo Kim Guan, pria berusia 77 tahun ini memang hidup sebatang kara di Blok 106, Jalan Bukit Merah, Singapura.

Citizen6, Singapura Apa yang Anda rasakan jika beberapa hari tidak mandi, pasti akan terasa gatal, lengket dan bau bukan? Namun, pernakah Anda membayangkan ada seseorang yang tak mau mandi selama berpuluh-puluh tahun? Ya, salah satunya dialami seorang pria lansia asal Singapura ini.

Choo Kim Guan, pria berusia 77 tahun ini memang hidup sebatang kara di Blok 106, Jalan Bukit Merah, Singapura. Dilansir Stomp pada Kamis (2/7/2015), anehnya pria tua ini memutuskan tidak mandi selama lebih dari 10 tahun hingga menyebabkan tubuhnya berbau tak sedap dan dipenuhi serangga kecil (kutu).

Kondisi Choo itu pun terungkap ketika relawan swasta Fion Phua datang untuk berbagi durian kepada warga Bukit Merah. Namun saat warga berkumpul untuk makan durian, Phua melihat tubuh Choo sangat dekil dan menebar bau busuk.

"Saya bahkan bisa melihat seranga merayap keluar dari selangkangannya," ucap pendiri kelompok relawan swasta.

Keadaan rumah Choo Kim Guan/Stomp

Lin, tetangga Choo yang berusia 40 tahun menuturkan bahwa Choo sudah lebih dari 20 tahun menempati rumahnya, dan ia suka duduk di kursi batu.

"Karena tubuhnya penuh dengan serangga kecil, para tetangga selalu menghindari tempat di mana ia telah duduk," tutur Lin.

Karena kondisinya yang sangat memprihatinkan, Phua pun melihat keadaan rumah yang ditempatinya. Tak disangka, rumah Choo dipenuhi dengan jaring laba-laba dan penuh dengan beragam serangga.

Ketika ditanya apakah selama 10 tahun ia tak mandi ataupun menggosok gigi, ia pun diam dan ragu-ragu. Namun akhirnya ia mengakui. "Dia ingin meningkatkan kehidupan orang-orang sepertinya, tapi kemampuannya terbatas. Dia membutuhkan bantuan dari banyak orang," tungkas seorang relawan.

Akhirnya, beberpa hari kemudian Phua kembali datang dengan sekelompok relawan yang mulai membersihkan rumahnya. Beberapa relawan bahkan memperbaiki penampilan Choo agar terlihat bersih dan wangi. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.