Sukses

Berkunjung ke Down Kafe, Anda akan Takjub dengan Para Pelayannya

Down Cafe secara ekslusif mengajak orang-orang sindrom Down untuk bekerja di tempatnya.

Citizen6, Turki Sebuah kafe di Istanbul, Turki, memiliki konsep unik yang belum digunakan kafe-kafe lain di dunia. Pemilik 'Down Cafe' secara ekslusif mengajak orang-orang sindrom Down untuk bekerja di tempatnya.

Down Cafe akan mempekerjakan staf antara usia 18 hingga 25 tahun dengan tujuan untuk memperdayakan mereka dengan kepercayaan diri dan kemandirian. Dilansir Odditycentral pada Jumat (3/7/2015), Sarungan Singen, sang pendiri kafe di distrik Sisli, Istanbul, menuturkan bahwa ia terinspirasi oleh pengalamannya sendiri yakni membesarkan seorang anak perempuan dengan sindrom Down.

Odditycentral

Sang anak yang bernama Sezil pun ikut bekerja di Down Cafe. "Saya memiliki Sezil, dan saya pikir dia adalah hadiah bagi saya untuk memahami orang seperti dia," ucap Singen. "Ketika kita berfikir tentang jumalah orang sindrom Down pasti tidak ada pekerjaan yang cocok untuknya," lanjutnya.

National Association Down Syndrome Turki menjelaskan bahwa setiap tahun di negara ini hampir 1.500 bayi lahir dengan kondisi tersebut. Diperkirakan saat ini terdapat lebih dari 100 ribu orang dengan sindrom Down yang tinggal di Turki.

Odditycentral

"Peningkatan khusus perawatan medis sangat penting bagi anak-anak ini, tetapi lebih penting saat kita dapat melakukan segala kemungkinan untuk membantu mereka hidup lebih mandiri,"

Down Cafe pertama kali dibuka pada 2011 silam dengan respons yang buruk. Awalnya orang-orang ragu untuk masuk karena para pelayan di tempat ini memiliki staf khusus, tapi tak sedikit pula pengunjung yang datang dan menghargai suasananya. Namun hal itu tidak berlangsung lama, kafe itu langsung diserbu pelanggan dan mereka terkesan dengan pelayanan yang disediakan.

"Saya pikir kafe ini membantu masyarakat menyingkirkan prasangka terhadap orang-orang disabilitas dan memberikan kesempatan bagi sindrom Down untuk menunjukkan diri dan bakat mereka," kata Singen. "Mereka ingin diterima oleh masyarakat, juga berharap publik mengenal bakat mereka. Maka kita perlu lebih banyak sponsor, donatur, terutama pelanggan untuk meningkatkan jumlah pengunjung Down Cafe. (ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini