Sukses

5 Obat Herbal Untuk Mengobati Keputihan

Risau dengan keputihan? Jangan takut, gunakan lima obat herbal ini

Citizen6, Jakarta Seringkali wanita merasa tidak nyaman pada area V dan kebanyakan hal itu terjadi karena keputihan. Keputihan disebabkan karena jamur dan hampir semua wanita pernah merasakan penyakit ini. Untuk mengobati keputihan, tinggal periksakan diri ke dokter spesialis. Tentu saja harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan.

Bagi yang risih jika harus berhubungan dengan dokter yang notabenenya adalah orang lain, ada cara – cara sederhana namun cukup ampuh untuk mengobati dan meringankan keputihan, yaitu dengan menggunakan obat herbal, yaitu obat yang berasal dari bahan alami berupa tanaman obat. Berikut adalah beberapa tanaman yang berfungsi sebagai obat herbal untuk mengobati keputihan.

1. Daun sirih

Daun sirih memiliki khasiat yang cukup banyak untuk mengobati penyakit dan menambah kecantikan wanita. Salah satu khasiat daun sirih untuk wanita adalah bisa membantu mengatasi gangguan akibat jamur yang menyebabkan keputihan pada area V. Mengapa daun sirih bisa mengobati keputihan? Hal ini tidak lain karena daun sirih memiliki kandungan antibakteri, antiseptik dan zat eugenol serta mampu untuk menghilangkan bau tidak sedap, baik itu masalah bau badan atau bau tidak sedap akibat keputihan.

Rebus beberapa lembar daun sirih, diamkan beberapa jam hingga air rebusan tersebut dingin, gunakanlah air rebusan tersebut untuk mencuci area V. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga aroma yang tidak sedap bisa hilang dan Anda pun terbebas dari gangguan keputihan.

2. Akar mawar

Tanaman mawar cenderung lebih banyak diambil ekstrak air mawarnya untuk membuat parfum atau sebagai pelengkap racikan masker wajah. Namun ternyata akar mawar pun memiliki khasiat yang cukup menakjubkan, yakni bisa mengatasi keputihan. Ambil akar mawar yang masih dalam kondisi bagus, lantas cuci hingga benar-benar bersih. Rebus akar mawar yang sudah dibersihkan tersebut dan minumlah air rebusan akar mawar sebanyak satu kali setiap harinya untuk membantu mengatasi keputihan.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini