Sukses

5 Sikap Tidak Empati Orang Indonesia Saat Ada Bencana

Sikap empati masih menjadi hal sulit dilakukan bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Citizen6, Jakarta Empati merupakan kemampuan memahami kondisi yang dialami orang lain. Jika dalam keadaan berduka, selayaknya seseorang menunjukan sikap menghormati dengan tidak melakukan tindakan yang justru semakin menyakiti orang tersebut. Sayangnya sikap empati masih menjadi hal sulit dilakukan bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Beberapa diantaranya memiliki pola pikir bahwa lokasi bencana merupakan sarana wisata baru yang ramai dikunjungi. Bukan menolong, warga biasanya justru membuat proses evakuasi berjalan lama. Tidak hanya individu, media juga memiliki karakteristik yang sama dalam menginformasi sebuah berita yang seharusnya menunjukan empati. Berikut ini sikap orang Indonesia yang tidak menunjukan sikap empati saat ada bencana.

Selfie ditempat bencana

Fenomena selfie nampaknya menjadi tren yang tidak bisa dihindari. Namun bagaimana jika melakukan selfie di lokasi bencana? Mungkin sikap ini cukup salah kaprah meski mengatasnamakan citizen journalizm. Pasalnya dibalik background tempat berselfie, ada keluarga yang menderita karena kehilangan keluarganya dalam bencana tersebut. Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul/kw)

Pengirim:

Wiwik Setiawati

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini