Sukses

Masjid Tertua di Indonesia ini Juga Ada di Austria

Masjid Raya Baiturrahan adalah salah satu masjid tertua di indonesia.

Citizen6, Jakarta Masjid Raya Baiturrahan adalah salah satu masjid tertua di indonesia. Masjid yang menjadi icon kebanggaan masarakat Aaceh ini dibangun sebelum Aceh dikuasai oleh Belanda. Masjid ini dibangun pada saat tanggal 5 April 1873 oleh Kesultanan Aceh. Masjid yang pada saat itu dipergunakan sebagai pusat pembelajaran Agama Islam dari berbagai penjuru negeri ini pernah rusak akibat agresi militer tentara penjajah Belanda.

Pada tanggal 10 April 1877 Belanda berhasil menguasai Aceh dan dan membakar masjid Raya Bairurrahman yang mengakibatkan masyarakat Aceh semakin marah dan semakin gencar melakuakan perlawanan terhadap penajajah. Barulah setelah penjajah dapat diusir dari tanah Aceh, masayarakat Aceh kembali membangun masjid Raya Baiturrahman pada tanggal 9 Oktober 1879. Selama bertahun-tahun masjid Raya Baiturrahman melakuakan renovasi.

Selengkapnya

Pengirim:

Johan Listiyawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.