Sukses

Aneh, Hewan Ini Bereproduksi dengan Menusuk Kepalanya Sendiri

Memang sekilas tidak bisa dibayangkan bahwa hewan yang satu ini ternyata memiliki cara aneh untuk bereproduksi dalam berkembang biak.

Citizen6, Jakarta Memang sekilas tidak bisa dibayangkan bahwa hewan yang satu ini ternyata memiliki cara aneh untuk bereproduksi dalam berkembang biak. Mungkin Anda sudah mengetahui tentang beberapa jenis hewan yang bisa bereproduksi sendiri, seperti hewan yang bisa berkembang biak dengan cara aseksual.

Ya, mereka mampu membentuk protein jenis baru yang kemudian bisa membuat bertahan dari dehidrasi. Sehingga dari situ mereka bisa melakukan reproduksi sendiri, dan membentuk telur tanpa melalui proses persetubuhan terlebih dahulu. Namun anehnya ada jenis cacing yang tidak terduga, memiliki jalan pintas unik untuk bereproduksi dalam rangka berkembang biak.

Dilansir Jurnal Proceeding of the Royal Society B, Bahwa Steven A Ramm, yakni seorang pakar biologis yang berasal dari University of Basel, beserta tiga orang rekannya menunjukkan ada perilaku aneh pada cacing M hystrix setelah peneliti mempelajari tentang distribusi sperma yang ada dalam tubuh hewan tersebut. Tentunya Anda akan tercengang tentang bagaimana cacing pipih jenis Macrostomum hystrix ini berkembang biak.

Bagaimana tidak, Hanya dengan menyetubuhi kepalanya sendiri, cacing jenis ini sudah bisa bereproduksi dan menghasilkan sperma untuk membuahi sel telur yang ada dalam tubuhnya sendiri. Hal demikian sungguh mengejutkan, bahwa dengan cara cacing M hystrix ini menusukkan organ yang serupa dengan penis ke bagian kepala, kemudian menyetorkan sperma di kepala, dan akhirnya sperma bermigrasi ke daerah tengah tubuh yang menjadi pusat reproduksi cacing hystrix ini. Lalu barulah sperma membuahi sel telur yang ada di bagian tengah tubuh cacing tersebut. Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul)

Pengirim:

Arba

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini