Sukses

Sahkah Puasa Jika Belum Junub Waktu Subuh?

Pertanyaan tersebut mungkin sering ditanyakan. Namun bagaimana hukumnya?

Citizen6, Jakarta Mandi junub (mandi besar) adalah mandi wajib bagi umat islam apabila tengah dalam keadaan berhadast besar. Tujuan dari mandi junub ini adalah untuk menyucikan diri agar dapat melaksanakan ibadah wajib seperti sholat. Hukum mandi junub adalah wajib, baik bagi laki-laki maupun perempuan islam yang telah dewasa atau telah akil baligh.

Nah, perkara mandi junub ketika bulan ramadhan ini memunculkan sejumlah pertanyaan terkait dengan sah tidaknya puasa yang dikerjakan. Salah satunya adalah mandi junub yang dilakukan ketika masuk waktu subuh. Bagaimanakah status puasanya?

Tak seperti bulan-bulan lainnya, kesempatan suami istri untuk "berhubungan" sepanjang bulan Ramadhan ini cukup terbatas, hanya bisa di malam hari. Terkadang, sehabis "berhubungan", pasangan suami istri suka menunda mandi junub hingga mau masuk waktu subuh, salah satunya karena dingin.

Ada juga pasangan suami istri yang "berhubungan" menjelang fajar. Sehingga hal seperti di atas pun terjadi, subuh telah masuk waktunya, namun mereka belum juga mandi junub. Lantas bagaimanakah dengan puasa mereka? Sahkah?

Ingin tahu jawabannya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini