Sukses

Lagi, Remaja Berkebutuhan Khusus Di-bully Teman Sekelas

Sebuah video viral di internet menunjukkan anak berkebutuhan khusus di-bully teman sekelasnya

Citizen6, Jakarta Meski telah dilarang, kenyataannya aksi bully-ing di sekolah masih sering terjadi. Sebuah video yang menunjukkan aksi bully pada seorang anak berkebutuhan khusus, buat geger dunia maya.

Menurut Xinhua News sebagaimana dilansir dari Shanghaiist, Senin (06/07/2015), remaja tersebut diketahui bernama Zhong Xiaoliang. Xiaoliang merupakan remaja berkebutuhan khusus yang dibesarkan oleh seorang ibu tunggal.

Deng, ibu Xiaoliang, mengetahui aksi bully terhadap anaknya setelah sepupu Xiaoliang mengirimkan foto Xiaoliang yang dikerjai teman-temannya. Dalam foto tersebut tampak lubang telinga dan lubang hidung Xiaoliang disumpal puntung rokok yang belum mati sepenuhnya. Tangannya tampak berpose peace (damai).

Tak hanya itu, bahkan dalam video yang lain tampak Xiaoliang dipukuli dengan tongkat kayu oleh teman sekelasnya. Deng yang tak terima dengan perlakuan tersebut mendatangi kepala sekolah dengan barang bukti. Ia ingin kejadian tersebut ditindak lanjuti.

Pemeriksaan fisik menunjukkan Xiaoliang tidak mengalami cedera serius. Namun demikian, ia terus mengeluh sakit perut. Para siswa yang mengganggu Xiaoliang mengaku mereka baru pertama kali mengganggunya. Orang tua mereka setuju untuk membayar biaya perawatan serta berjanji hal tersebut tak akan terjadi lagi.

Deng sebenarnya berharap dengan memasukkan Xiaoliang, ia ingin anaknya tetap bersosialisasi dengan masyarakat dan tumbuh mandiri. Deng sering mendengar anaknya diganggu di sekolah, namun dulu masih ada saudaranya yang melindunginya.

Seorang psikiater di Guangzhaou mengatakan, anak-anak seperti Xiao Liang seharusnya pergi ke sekolah khusus, di mana terdapat perawatan khusus untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. (sul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.