Sukses

Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Gratis Andalan Masjid Cappa Ujung

Kue pisang ijo sangatlah mudah ditemukan di Sulawesi Selatan

Citizen6, Parepare Sebuah Masjid berdiri kokoh di tengah pemukiman padat warga, tepatnya di kawasan pelabuhan Cappa Ujung, Ujung Sabbang Kecamatan Ujung Kota Parepare Sulawesi Selatan.  Masjid tersebut bernama AR Rahmah.

Masjid yang dibangun sekitar tahun 80-an itu, saat ini terus mengalami renovasi. Bangunan yang sudah mulai kusam kini sedang diperbaiki. 

Selain bentuk banguna, hal yang masih dipertahankan hingga kini adalah menu buka puasanya.  Selama bulan Ramadan tidak pernah berganti yakni kue pisang ijo. Kue khas asal Sulawesi Selatan ini unik, didalamnya terdapat sebuah pisang nanas yang sudah dikukus kemudian dibungkus dengan selaput tepung berwarna hijau seperti kue dadar.

Kue pisang ijo sangatlah mudah ditemukan di Sulawesi Selatan karena kue tersebut menjadi kue kebanggaan orang Bugis-Makassar. Di Parepare ada salah satu perkampungan yang setiap bulan puasa menjadikan kue pisang ijo sebagai menu andalan. Karena di tempat tersebut mayoritas pendudunya menjadi pedagang kue. Sehingga berapapun kue yang dibutuhkan akan tetap tersedia. 

Hingga akhirnya Kue pisang ijo kini menjadi menu khas atau menu utama dalam setiap buka puasa di masjid tersebut sejak tahun 2002 silam. Hj. Masturah, pengvurus masjid mengungkapkan,” ada 100 biji kue pisang ijo yang kami selalu siapkan setiap hari untuk menu berbuka puasa selama bulan Ramadan  karena kita ketahui perkampungan ini adalah mayoritas penduduknya pedagang kue pisang ijo jadi tidak salah kalau meajid kita ini menu utamanya saat berbuka puasa adalah pisang ijo”.

Adapun bahan utama pisang ijo diantaranya adalah tepung terigu, daun pandan, santan kelapa, gula pasir secukupnya lalu dicampur dan diaduk hingga merata, juga siapkan pisang nanas yang sudah dikukus. Untuk campuran airnya bahannya adalah santan kelapa, tepung dan sagu kemudian diaduk hingga merata dan dimasak.

Setelah semua bahan tercampur untuk lapisan luarnya tuangkan diatas loyang khusus berbentuk lingkaran yang dipanasi tunggu hingga masak atau berbentuk padat angkat dan letakkan pisang nanas diatas lapisan ijo tadi lalu kemudian gulung layaknya kue dadar. Jangan lupa kedua ujung lapisan ijo diremas-remas biar kelihatan rapi dan pisangnya tidak kelihatan, setelah itu disiram dengan air kuah yang sudah dimasak sebelumnya. Kue pisang ijo siap untuk di hidangkan.

Untuk lebih nikmat rasanya kue pisang ijo dapat juga dicampur dengan sirup buah berwarna merah bernama DHT khas buatan Sulawesi Selatan dan ditambah dengan batu es biar lebih fresh lagi rasanya.

Warga sekitarnya pun berdatangan ke masjid untuk berbuka puasa. Selain itu, masyarakat yang lewat mencari tempat buka puasa mereka singgah untuk berbuka puasa

 

Penulis:

Amiruddin

Sulawesi Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.