Sukses

Ucapan Kartini ini Menggetarkan Hatimu

Apa yang ada dalam benak Kartini hingga menjadikannya sosok yang begitu berpengaruh dan luar biasa?

Citizen6, Jakarta Biasanya kita merayakan Kartini hanya dengan mengenakan sanggul dan kebaya setiap tanggal 21 April. Tanggal dimana kita merayakan Hari Kartini setiap tahunnya. Namun apakah yang sebenarnya diperjuangkan oleh Kartini? Apa yang berada dalam benak perempuan keraton ini hingga pemikirannya begitu patut dirayakan? Berikut ini beberapa quotes atau kalimat-kalimat dari Kartini yang akan menggetarkan hatimu :

1. Cinta

"Cinta tidak pernah buta. Cinta baginya adalah memberikan segala-galanya dan berhenti apabila nafas berhenti menghembus". Bagi Kartini, cinta begitu agung begitu berharga dan begitu luar biasa. Tentu saja kita semua pun mengharapkan cinta yang sama seperti apa yang diucapkan oleh Kartini. Tapi cinta yang dimaksud Kartini bukanlah sekedar cinta antara lawan jenis namun cinta yang lebih luas termasuk cinta pada tanah air.

2. Ilmu Pengetahuan

"Kekuatan suatu negeri terletak pada nilainya dalam menguasasi ilmu pengetahuan". Fokus Kartini memanglah pada pendidikan, begitu penting baginya nilai pendidikan dimana kita bisa memperoleh banyak ilmu pengetahuan. Kalimat tersebut kiranya menjadi poin penting bagaimana kemajuan suatu bangsa amat sangat tergantung dengan kualitas pendidikan dan ilmu pengetahuan. 

3. Kebodohan

"Kami berhak untuk tidak menjadi bodoh". Mengingat dulu hanya kaum tertentu, yakni laki-laki dan bangsawan saja yang bisa memperoleh pendidikan selain dari para bangsawan Eropa, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sang putri bangsawan ini. Kartini menginginkan pendidikan untuk semua orang, baik laki-laki ataupun perempuan, baik kaya ataupun miskin. Pendidikan menjadi hak semua orang yang barangkali hingga kini masih terus kita perjuangkan. 

4. Impian

"Impian tinggal impian. Orang harus membuatnya menjadi lebih indah, lebih nikmat, dengan mencobanya membuat jadi kenyataan". Impian Kartini adalah soal pendidikan dan dia berusaha untuk mewujudkannya. Impian Kartini menyangkut soal kemanusiaan, dan dia berusaha untuk menyebarkannya. Kita pun tentu saja harus terus berusaha mewujudkan impian kita menjadi kenyataan.

Potongan-potongan kalimat tersebut diambil dari buku Panggil Aku Kartini Saja yang disusun oleh Pramoedya Ananta Toer dari surat-surat Kartini. Ini hanyalah sepenggal kecil dari apa yang ada dalam benak Kartini, namun pemikirannya yang luas memang telah melampaui zamannya kala itu. Kartini bukan saja perempuan bangsawan yang lekat dengan sanggul dan kebaya namun juga luas dan dalamnya pemikiran beliau untuk manusia.

  **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.