Sukses

Seniman ini Ingin Meminjam Mayat untuk Karyanya

Bagaimana jika seseorang datang dan meminta jasadmu, nanti, ketika telah wafat untuk ia gunakan?

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana reaksi Anda jika seseorang datang dan membuat sebuah permintaan yang aneh. Yaitu, ingin meminjam jasad Anda, nanti, jika Anda telah wafat untuk dijadikan sebuah proyek seni?

Seorang seniman asal Islandia Snorri Asmundsson mendadak menjadi headline sebuah berita karena permintaan anehnya. Seperti dilansir dari laman odditycentral.com, Pada 2008 seniman ini meminta kepada pasien yang akan meninggal untuk mendonasikan jasada mereka untuk proyek karya seni terbarunya. Ia berencana untuk menggunakan jasad untuk video menarinya, dan berjanji akan mengembalikan jasad yang dipinjamnya kepada keluarga yang bersangkutan jika proyeknya selesai.

Hal ini ia sampaikan di akun Facebook-nya, "Mencari mayat atas nama seni," ia menambahkan, "Saya membutuhkan mayat untuk proyek video. Jika kamu sekarat/seorang pasien yang akan meninggal saya berharap dapat meminjam tubuhmu setelah kau mati. Jasad akan dikembalikan pada keluarga dengan kondisi yang sama"

Banyak respon yang ia dapat, tidak sedikit yang berkomentar bahwa apa yang ia katakan tidaklah etis untuk sang almarhum.

Sayangnya karena keadaan ekonomi yang buruk saat itu membuatnya harus menunda proyeknya tersebut. Lucunya, sebuah surat diterimanya dari seorang 'calon artis'nya. Seorang pesakitan yang sekarat membayangkan ide Snorri, seperti menatap pada layar kamera video malah membuatnya kembali bersemangat untuk sembuh, dan ajaibnya ia benar-benar sembuh!

Ternyata tahun ini Snorri kembali dapat melancarkan proyeknya yang tertunda setelah masalah finansialnya selesai. Beberapa orang menyarankan agar ia membeli mayat di Meksiko atau China. Namun sang seniman menolak, ia ingin melakukannya dengan cara yang etis dan bertanggung jawab dengan menggunakan mayat dari negaranya. "Saya bukan seorang sociopath, saya ingin melakukan proyek seni ini dengan berkolaborasi bersama orang yang telah wafat dengan rasa hormat kepada mereka dan keluarganya." Jelas Snorri. 

Well, bagaimana Anda menyikapi gaya eksentrik sang seniman yang ingin menghasilkan karya seni dari sebuah mayat?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa baca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini