Sukses

Ananda Sukarlan Abadikan Kisah Cinta Habibie-Ainun dalam Konser

Mantan Presiden RI, Prof. Dr. B.J. Habibie tahun lalu telah meminta komponis Ananda Sukarlan untuk membuatkan sebuah "monumen" untuk mengaba

Citizen6, Jakarta Mantan Presiden RI, Prof. Dr. B.J. Habibie tahun lalu telah meminta komponis Ananda Sukarlan untuk membuatkan sebuah "monumen" untuk mengabadikan kisah cintanya dengan alm. istrinya, Dr. Hasri Ainun Habibie.

Terciptalah "Chamber Symphony In Memoriam Ainun Habibie" dari tangan dingin sang komponis handal ini. Chamber Symphony ini kemudian telah direkam dalam bentuk CD dan telah mendapat sambutan luas dari media, kritikus dan penikmat musik klasik dalam dan luar negeri.

Atas kesuksesannya ini beliau, lagi-lagi melalui Yayasan Habibie-Ainun, meminta komponis yang namanya sudah diakui dunia ini untuk membuat sebuah karya lagi, untuk mengeksplorasi aspek-aspek yang berbeda. Kali ini Ananda mengambil ide Habibie yang bercita-cita untuk membawa Indonesia ke jenjang "hi tech and hi touch" (teknologi tinggi dan sentuhan seni yang tinggi) sebagai dasar dari karya barunya,

Chamber Symphony no. 2 yang berdurasi lebih dari 20 menit. Di bagian tengah dari karya ini tetap ada sebuah bagian yang berjudul "A Love Song", yang menggambarkan cinta sebagai motivator untuk meraih segala aspirasi dan cita-cita. Karya ini ditulis untuk 10 musikus yang virtuosik, dan pemenang pertama Ananda Sukarlan Award International Piano Competition 2014, Anthony Hartono (21) dipercayakan untuk memainkan bagian pianonya yang sama sekali tidak mudah.

Chamber Symphony no 2 akan diperdanakan dengan sang maestro komponis sendiri yang memimpin orkesnya di Goethe Haus, Jakarta tgl 12 Agustus pukul 19:00 WIB malam, setelah hari sebelumnya 11 Agustus (hari ulangtahun alm. Ibu Ainun) diperdanakan untuk kalangan tertutup di perpustakaan kediaman Habibie dan direkam untuk kemudian diterbitkan dalam CD.

Ananda sendiri menuliskan proses kreatifnya dalam mencipta karya ini di blognya http://andystarblogger.blogspot.com. Ananda sendiri akan tiba di Indonesia akhir Juli, untuk memberi konser di Jogja tgl 31 Juli dan kemudian memberikan masterclasses di Surabaya tgl 4-6 Agustus. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini