Sukses

Perhatikan 10 Tanda Seseorang Berbohong

Inilah 11 tanda seseorang berbohong berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Analis FBI

Citizen6, Jakarta Berbohong dan dibohongi mungkin pernah dialami oleh hampir semua orang. Terkadang kita kesulitan untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak. Untuk itu, analis perilaku yang seringkali bekerja sama dengan FBI, Dr. Lillian Glass mengatakan bahwa untuk melihat apakah seseorang berbohong atau tidak, kita harus mengetahui perilaku normal orang tersebut.

Kemudian kita fokus mencermati ekspresi wajah, gestur tubuh dan pola pembicaraan yang kemudian Dr. Lillian Glass tuliskan dalam sebuah buku berjudul "The Body Languange of Liars". Berikut ini 10 tanda seseorang berbohong dari buku tersebut :

1. Merubah posisi kepala dengan cepat

Jika seseorang dengan segera merubah posisi kepala mereka baik menunduk, mendongak atau dimiringkan ketika ditanya langsung, maka mereka mungkin berbohong mengenai sesuatu. 

2. Merubah tarikan nafas

Jika seseorang berbohong padamu maka dia akan mulai menarik nafas dengan dalam. Menarik nafas dalam membantu untuk merilekskan tubuh yang tertekan karena gugup dan aliran darah yang semakin cepat.

3. Posisi tubuh kaku

Menjadi hal yang normal ketika kita berbicara dengan seseorang, kita merubah-rubah posisi tubuh kita agar lebih rileks. Namun ketika kita gugup, maka tubuh kita tanpa kita sadari akan cenderung kaku.

4. Mengulang-ulang kata atau kalimat

Mereka yang berbohong akan terus mengulang kata atu kaimat tertentu untuk meyakinkan lawan bicaranya dan dirinya sendiri. Pengulangan kata-kata tersebut juga memberi mereka waktu untuk mengumpulkan alasan lainnya. 

5. Memberi informasi terlalu banyak

Ketika seseorang memberikan terlalu banyak informasi bahkan hal-hal yang tidak dibutuhkan dan merinci secara detail, dia mungkin sedang berbohong padamu. Mereka melakukan hal tersebut dalam upaya agar nampak terbuka dan meyakinkan lawan bicaranya.

6. Mereka menyentuh atau menutupi mulut mereka

Ketika seseorang menutupi mulut mereka atau menyentuh bibir mereka, secara tidak sadar itu adalah tanda bahwa mereka tidak mau mengatakan kenyataa. Hal tersebut merupakan gerakan bawah sadar yang secara otomatis dilakukan ketika kita menghindar untuk menjawab. 

7. Merubah posisi kaki

Ini merupakan gerakan alam bawah sadar yang menandakan ketidaknyamanan atau kegugupan seseorang ketika berbohong. Mreka merubah posisi kaki mereka karena ada dorongan untuk keluar dari situasi tersebut.

8. Sulit berbicara

Mereka yang gugup ketika berbohong akan semakin kesulitan berbicara. Karena sistem ketika gugup otomatis mengurangi saliva (lendir) pada mulut yang menyebabkan membran mulut semakin kering dan kaku.

9. Melihat tanpa banyak berkedip

Ketika seseorang berbohong mungkin dia akan menghindari kontak mata karena takut. Tapi ada juga jenis dimana dia akan terus menatap dalam mata anda, berusaha untuk memanipulasi anda.

10. Banyak menunjuk

Seseorang yang tengah berbohong akan cenderung banyak menunjuk dengan sikap bermusuhan. Emosi mereka adalah untuk menutupi kebohongan mereka.

Jadi, perhatikan gestur-gestur tersebut jika kamu ingin mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak kepadamu. Tentu saja kamu harus fokus untuk menyadari hal-hal kecil seperti ini dari lawan bicaramu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini