Sukses

Masjid Lama Gang Bengkok, Bukti Perkembangan Islam di Kota Medan

Masjid Lama Gang Bengkok , Bukti Sejarah Perkembangan Islam Di Kota Medan

Citizen6, Medan Masjid Lama Gang Bengkok merupakan salah satu Masjid yang bersejarah di Kota Medan. Masjid ini memiliki peran penting dalam berkembangnya agama Islam di Kota Medan.

Masjid tua yang masih berdiri kokoh ini dibangun oleh Tjong A Fie pada 1890. Tjong A Fie merupakan saudagar kaya non muslim yang terkenal di Kota Medan. Masjid ini merupakan tanah wakaf dari datuk kesawan (H.Mohammad Ali) yang kemudian di bangun oleh Thong A Fie. Pembangunan Masjid yang dilakukan Tjong A Fie sempat menuai kontroversi.

Namun, karena telah diijinkan pembangunannya oleh Sultan Deli Makmun Ar Rasyid yang kala itu mulai berpindah pusat pemerintahan Sultan dari daerah pelabuhan (Sekitar Masjid Osmani) ke Istana Maimoon maka pembangunan Masjid Lama Gang Bengkok pun dilakukan. 

Setelah pembangunan Masjid Lama Gang Bengkok selesai, Tjong A Fie menyerahkan kepengurusan Masjid ke pihak Kesultanan Deli yang di mana pada saat itu, sedang dalam pemerintahan makmun Arrasyid.

Berbeda dari kebanyakan masjid lainnya. Rumah ibadah umat Islam ini tak memakai nama Arab, melainkan nama biasa dan umum yaitu Masjid Lama Gang Bengkok. Mengapa diberi nama itu? Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul)

Pengirim:

L.Medan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini