Sukses

7 Negara Maju Ini Ternyata Tak Miliki Sumber Daya Alam

Meski tak memiliki sumber daya alam, tujuh negara ini sanggup mencengkram dunia. Negara apa saja?

Citizen6, Jakarta Sumber daya alam merupakan istilah yang berhubungan dengan materi-materi dan potensi alam yang terdapat di planet bumi. Keberadaan sumber daya alam ini telah memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Materi alam tersebut dapat berupa benda hidup (unsur-unsur hayati), yaitu hewan dan tumbuhan.

Terdapat pula benda mati (nonhayati), seperti tanah, udara, air, bahan galian atau barang tambang. Selain itu terdapat pula kekuatan-kekuatan alam menghasilkan tenaga atau energi. Misalnya, panas bumi (geothermal), energi matahari, kekuatan air, dan tenaga angin.

Hampir semua negara memiliki sumber daya alam yang berbeda, namun tak semuanya diberkati kekayaan alam yang melimpah seperti Indonesia. Indonesia hampir memiliki segalanya, kekayaan alam yang ada di lautan dan daratan Indonesia memang tak terbatas. Namun semuanya tidak memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Tidak ada atau kurangnya sumber daya alam menjadikan suatu negara harus mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan serta menunjang perekonomian negara. Semakin minim sumber daya alam, biasanya semakin besar bahan yang harus diimpor. Dengan kata lain, negara yang tidak memiliki sumber daya alam harus mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mengimpor sumber daya alam mentah dari negara lain.

Sekilas, kenyataan itu tentu terdengar menyulitkan. Faktanya, Indonesia yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat kaya saja masih menghadapi berbagai masalah, khususnya dalam hal ekonomi. Bagaimana dengan negara-negara lain yang tidak atau hanya sedikit memiliki sumber daya alam?

Yang menakjubkan, beberapa negara mampu membuktikan mereka bisa maju, terus tumbuh dan berkembang. Serta memiliki tingkat perekonomian yang tinggi, meski menghadapi kendala dalam hal sumber daya alam. Beberapa negara berikut ini bisa menghasilkan sumber daya manusia yang mumpuni sehingga bisa memberikan kemajuan yang pesat serta tingkat ekonomi yang tinggi bagi negaranya. Negara apa saja? Ini dia:

1. Belgia

Dihimpit oleh negara-negara berkekuatan ekonomi tinggi seperti Jerman, Prancis, dan Inggris, tidak memberikan banyak kesempatan kepada Belgia untuk membangun basis manufaktur yang kuat. Belgia juga merupakan negara dengan minim kekayaan alam, dan harus mengimpor bahan baku mentah atau setengah jadi, yang kemudian diolah untuk ekspor.

Satu-satunya sumber daya alam yang dimiliki Belgia adalah batu bara. Untuk bahan-bahan baku mentah, Belgia sangat bergantung pada impor dari negara lain, sehingga Belgia pun sangat riskan terkena dampak kenaikan harga pasar dan komoditas global. Meski begitu, Belgia berhasil menjadi salah satu negara maju dalam hal ekonomi. Negeri ini mengekspor mesin dan peralatan, bahan kimia, berlian yang telah diolah, produk logam, sampai makanan.

2. Italia

Italia tercatat mengimpor 99,7 persen bahan bakar padat, 92,5 persen minyak, dan 91,2 persen gas alam. Fakta itu sudah cukup menjelaskan bagaimana kondisi alam Italia secara keseluruhan. Sumber daya alam Italia memang bisa dibilang sangat terbatas, sehingga kebutuhan bahan-bahan baku harus mengandalkan impor. Italia bahkan termasuk sedikit memiliki gedung tinggi pencakar langit, seperti yang biasa ada di negara-negara maju.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini