Sukses

Menakjubkan, Inilah 10 Gedung Tertinggi di Dunia

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Citizen6, Jakarta Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi. Beberapa negara tampak saling berlomba-lomba membangun gedung tinggi untuk mengalahkan rekor gedung tertinggi sebelumnya.

Beberapa gedung tertinggi di dunia yang ada sekarang ini diantaranya adalah:

10. Two International Finance Centre

Gedung yang berlokasi di Hong Kong ini mempunyai ketinggian 415 meter. perlu waktu sekitar 6 tahun untuk membangun gedung dengan 88 tantai ini. Gedung yang merupakan kawasan komersial ini dibangun tepat di pinggir Hongkong. Tower IFC. Gedung ini mulai dibangun pada 1997 dan selesai pada tahun 2003.

Tower IFC adalah bangunan tertinggi kedua di Hong Kong, di belakang International Commerece Centre di Kowloon Barat. Juga merupakan bangunan tertinggi keempat di wilayah Cina Daratan. Ketinggian IFC setara dengan  World Trade Center di Amerika yang telah runtuh karena serangan teroris.

9. Jin Mao Building

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Di Jin Mao Tower yang mempunyai 88 lantai ini, terdapat kantor-kantor perusahaan dan Shanghai Grand Hyatt Hotel . Uniknya gedung ini bersebelahan dengan Shanghai World Financial Center. Lokasi gedung ini berada di area Lujiazui di distrik Pudong, Shanghai dengan ketinggian 420,5 meter. Pertama kali, gedung ini dibuka pada tahun 1998.

Gedung ini terletak di atas tanah seluas 24 000 meter persegi dan dekat dengstaan siun metro Lujiazui.  Bangunan ini dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill kantor Chicago. Bentuknya unik, semakin tinggi, tingkat kompleksitasnya meningkat. Arsitektur bangunan ini terinspirasi dari arsitektur tradisional Tiongkok seperti pagoda.

 8. Willis Tower

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Menara dengan tinggi 442  meter ini sebelumnya bernama Sears Tower. Menara yang berada di Chicago ini selesai dibangun pada tahun 1973, dan saat itu merupakan bangunan tertinggi di dunia, melebihi World Trade Center menara di New York.

Menara Willis mempunyai 108 lantai merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Chicago. Lebih dari satu juta orang mengunjungi  tempat ini setiap tahun.

Pada bulan Maret 2009, sebuah perusahaan asuransi yang berpusat di London, Willis Group Holdings, Ltd., sepakat untuk meminjam tiga lantai dari Menara Sears dan mempunyai hak nama untuk Menara Sears sebagai bagian dari perjanjian. Pada 16 Juli 2009, Menara Sears secara resmi diubah namanya menjadi Menara Willis.

7. Zifeng Tower

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Zifeng Tower atau juga dikenal dengan nama Greenland Pusat-Zifeng Tower atau Menara Greenland Persegi Zifeng berlokasi di Nanjing, China. bangunan dengan ketinggian 450 meter ini baru selesai dibangun pada tahun 2009. Zifeng Tower memiliki 89 lantai yang berupa kantor-kantor, restorsan, hote, dan  sebuah observatorium publik dekat bagian atas.

Gedung yang diarsiteki Adrian Smith ini beralamat di 2 Zhongshan N Rd, Gulou, Nanjing, Jiangsu, China
 

6. Menara Kembar Petronas

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Malaysia, rupanya tak mau kalah dengan negara-negara maju lain di dunia. Di Kuala Lumpur negeri serumpun Indonesia ini membangun gedung pencakar langit, Menara Kembar Petronas. Gedung dengan ketinggian 451, 9 meter ini beralamat di Kuala Lumpur City Centre, 50088 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat. Sementara desain Interiornya yang mengambil budaya Islam yang menjadi ciri khas negeri ini.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

5.International Commerece Centre (ICC)

ICC Tower dibangun di atas Kowloon Station, Hong Kong. Pembangunan gedung ini dilakukan MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties. Saat ini ICC merupakan Gedung tertinggi kelima di dunia dengan tinggi484 meter dan bangunan tertinggi di Hongkong. 

Nama bangunan dengan ketinggian 484 meter ini sebelumnya adalah Union Square Phase 7, sementara nama ICC secara resmi baru diumumkan pada tahun 2005.

4. Shanghai World Financial Center

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Lokasi bangunan ini berada di Pudong , Shanghai , Cina. Bangunan yang mempunyai ketinggian 494,3 meter ini mempunyai jumlah lantai 101.  bangunan ini baru dibuka untuk untuk umum pada 28 Agustus 2009.

Hal yang khas dari bangunan ini adalah puncaknya yang berbentuk aperture trapesium. Desain asli yang ditetapkan aperture yang melingkar, berdiameter 46 meter. Awalnya desain bangunan ini menuai protes dari beberapa orang China, termasuk walikota Shanghai, Chen Liangyu karena dianggap menyerupai bendera Jepang yang bergambar matahari terbit.


3. Taipei 101

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Gedung ini berlokasi di Taiwan.  BGedung ini dalam banyak hal diakui sebagai salah satu gedung pencakar langit yang paling maju di dunia. Salah satu keunggulan dari gedung ini  adalah mempunyai fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik.

Selain ini, lift dalam geung ini juga sangat cepat dengan kecepatan maksimum 63 km per jam, Artinya untuk mencapai lantai 89, hanya perlu waktu  waktu 39 detik. Gedung yang mulai digunakan pada 2004 ini mempunyai alat canggih yang bisa menstabilkan gedung dari  hantaman gempa bumi dan angin topan. Gedung yang berlokasi di Taiwan ini mempunyai tinggi 509 meter.

 2. Abraj Al-Bait

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Inilah gedun tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian 601 meter. Abraj Al-Bait yang berlokasi di Mekah, Saudi Arabia ini mempunyai 120 lantai. Perlu waktu sekitar 8 tahun untuk membangun gedung yang dikenal juga dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower ini.

Keunikan gedung ini, lokasinya berada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram. Ada tujuh menara  dengan satu menara tertinggi yang dinamai Hotel Tower. Tempat ini khusus dipakai untuk apartemen.

Bangunan dibawah tujuh menara ini terdapat 5 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain (termasuk ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang).

Bangunan ini mulai dikerjakan pada tahun 2004. Gedung ini juga dimaksudkan untuk melayani jemaah haji dengan menyediakan kamar-kamar yang mampu menampung 100.000 orang.

1. Burj Khalifa

Karena alasan kebanggaan atau ingin menjadi ikon dunia, banyak negara membuat bangunan-bangunan tinggi.

Dan inilah gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Gedung yang berlokasi di Dubai ini menjadi bahan pembicaraaan karena ketinggian Burj Khalifa melampaui bangunan-bangunan tertinggi di dunia sebelumnya. Gedung dengan ketinggian 828 meter ini dibangun pada tahun 2004 dan selesai enam tahun kemudian.

Burj Khalifa memiliki 160 lantai ini berlokasi di Dubai, tepatnya di 1 Sheikh Mohammed bin Rashid Blvd - Dubai - Uni Emirat Arab. Karena ketinggiannya, pada bulan Ramadan terdapat perbedaan waktu buka puasa di setiap lantai. Gedung ini dirancang oleh beberapa arsitek antara lain  Adrian Smith, William F. Baker, Marshall Strabala, George J. Efstathiou.

Sampai hari ini menara ini mencatat dua rekor sebagai menara yang mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam dan merupakan bangunan dengan paling banyak lantai yakni 160. Bagaimana tertarik ingin berkunjung ke sana?

Indonesia kapan bisa mempunyai gedung membanggakan yang bisa mengalahkan 10 gedung tertinggi di dunia tersebut?

*dari Berbagai sumber

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Gratis ikuti #LebaranNarsis di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini