Sukses

5 Kesenian Indonesia Berunsur Mistik

Siapa sangka, lima kesenian Indonesia berikut ternyata mengandung unsur mistik di dalamnya

Citizen6, Jakarta Semua juga sudah tahu bahwa Indonesia kaya akan suku dan budaya. Indonesia juga kaya akan kesenian-kesenian tradisional dari berbagai daerah, misalnya saja berbagai tarian dari berbagai suku dan daerah di Indonesia. Tarian tradisional sendiri merupakan kesenian yang terus dilestarikan turun-temurun sejak jaman dahulu sebagai hiburan rakyat maupun sebagai pengisi acara adat yang sakral.

Tapi tahukan Anda bahwa tidak semua tarian yang diciptakan semata-mata hanya untuk menghibur? Ada beberapa tarian Indonesia yang mengandung unsur mistik dan terlihat begitu menyeramkan. Berikut penjelasannya:

1. Janger Sanghyang

Tari janger sanghyang merupakan tarian sakral yang sering dilakukan oleh masyarakat di Desa Metra, Tembuku, Bali. Tari janger sanghyang mengandung unsur gaib dalam prakteknya karena akan ada atraksi berbahaya, para penari akan bermain-main dengan para api tapi anehnya tidak ada satu penari pun yang terluka sampai pertunjukan selesai.

Tari janger sanghyang dilakukan oleh 10 orang penari wanita, para penari biasanya akan kesurupan dan saat itulah mereka akan bermain-main dengan bara api. Saat atraksi berlangsung tidak jarang pengiring yang lain ikut kesurupan juga dan bermain bara api bersama penari lainnya.

2. Sintren

Sintren adalan tari tradisional yang berasal dari masyarakat Jawa, khususnya Cirebon. Tari sintren juga disebut dengan tari lais, yaitu tarian bernuansa mistik yang mengandung kisah cinta antara Sulasih dan Sulandono.

Selengkapnya, baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Gratis ikuti #LebaranNarsis di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini