Sukses

5 Nama Ini Dipakai Negara Kita sebelum Jadi Indonesia

Indonesia berdiri menjadi sebuah negara melalui rentetan sejarah yang begitu panjang.

Citizen6, Jakarta Indonesia berdiri menjadi sebuah negara melalui rentetan sejarah yang begitu panjang. Banyak kisahnya tertulis dalam buku sejarah, namun tidak sedikit juga yang tidak terpublikasi sehingga hanya sedikit orang yang mengetahui. Termasuk dengan sejarah penamaan negara. Ternyata sebelum disahkan menjadi Indonesia, negeri ini pernah menggunakan beberapa nama.

Sejarah nama Indonesia bermula pada tahun 1869 oleh seorang cendekiawan Inggris bernama James Richardson Logan. Saat itu Ia tengah menyusun tulisannya yang berjudul “Journal Of The Indian Archipelago and Eastern Asia” dan bingung dengan penyebutan Indonesia yang saat itu belum memiliki nama resmi.

Nama Indonesia berasal dari kata “Indo” dan “Nesie” (bahasa Yunani) yang artinya kepulauan Hindia. Namun, ternyata nama ini tidak begitu populer dan dianggap tabu di kalangan kolonial dahulu. Mereka kemudian mengganti Indonesia dengan beberapa nama berikut ini. Apa saja namanya, berikut ulasannya.

Selengkapnya

Pengirim:

Wiwik S

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Gratis ikuti #LebaranNarsis di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

Video Terkini