Sukses

Tak Terlihat 600 Tahun, Ini Penampakan Suku Terpencil Amazon

Suku terasing ini tak pernah terlihat selama 600 tahun, namun belakangan mereka sering menampakan diri

Citizen6, Jakarta Tidak pernah terlihat sebelumnya, suku terpencil di Amazon akhirnya muncul di hadapan publik setelah 600 tahun bersembunyi. Suku Mashco Piro Indian telah melakukan kontak dengan dunia luar dari rumah mereka di Peru yang berdekatan dengan perbatasan Brasil.

Diduga, kematian akibat serangan panahlah yang membuat mereka mulai berani meninggalkan wilayah asli mereka. Pemerintah Peru sendiri telah melakukan kontak pertama dengan suku terpencil Amazon tersebut untuk meredakan ketegangan setelah salah seorang penduduk desa Machiguenga karena serangan panah.

mirror.co.uk

"Antropolog berjanji akan berbicara dengan suku tersebut untuk mencari tahu mengapa mereka mulai meninggalkan hutan hujan." ujar Wakil Menteri Kebudayaan Peru Patricia Balbuena sebagaimana dikutip dari Mirror.co.uk, Rabu (29/07/2015).

Dalam beberapa tahun terakhir, Suku Mashco Piro semakin sering terlihat mencari makanan di luar wilayah mereka di Taman Nasional Manu. Bahkan, penduduk desa, misionaris, hingga wisatawan telah berinteraksi dengan suku tersebut, termasuk memberi mereka pakaian dan makanan.

mirror.co.uk

Suku Mascho Piro sendiri memiliki sejarah yang berdarah, terkait penolakan mereka akan penduduk luar dan misionaris. Namun dalam setahun terakhir, suku ini telah terlihat di area terbuka hingga lebih dari 100 kali. Terutama di sepanajng sungai yang terbuka.

Sayangnya, tak semua interaksi berakhir dengan damai. Tahun 2011 lalu, suku ini bahkan membunuh penduduk desa dan polisi hutan dengan panah mereka. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Gratis ikuti #LebaranNarsis di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini