Sukses

Teratai Raksasa Ini Mampu Menahan Beban 2 Anak Manusia

Salah satu spesies teratai yang sangat besar adalah teratai yang dikenal dengan nama Giant Water Lily

Citizen6, Jakarta Salah satu spesies teratai yang sangat besar adalah teratai yang dikenal dengan nama Giant Water Lily atau nama ilmiahnya adalah Victoria amazonica (dahulu dikenal sebagai Victoria regia).

Bunga dari Victoria Amazonica berwarna putih dan hanya mekar pada malam hari. Namun warna bunga ini mengalami perubahan ketika diserbuki menjadi merah muda keunguan. Ketika lily masih berwarna putih dan perlu diserbuki, ia menebarkan aroma butterscotch dan nanas yang menarik kumbang untuk menyerbuki bunga; cara lain bunga menarik kumbang adalah dengan mengeluarkan panas.

Hal yang paling menarik tentang Giant Water Lily ini adalah daunnya yang besar. Daun bisa tumbuh hingga berdiameter 3 meter dan dapat menampung hingga 45-50 kilogram, daun datar dan tepi daun mencuat keatas. Daun kuat dan kaku berkat bagian bawah yang kuat dari daun. Pantat daun ditutupi dengan duri untuk membantu mendukung rusuk-rusuk daun. Bagian bawah daun berwarna merah marun.

Giant Water Lily tidak tumbuh sepanjang tahun di daerah di mana bukan habitat aslinya, seperti Inggris; hanya tumbuh dan bereproduksi di musim panas ketika iklim hangat. Namun, dalam habitat aslinya di Amazon Brasil, ia tumbuh sepanjang tahun, karena kondisi optimum. Selengkapnya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini