Sukses

Kisah Pendakian ke Gunung Ceremai yang Misterius

Gunung Ceremai atau Gunung Ciremai memiliki ketinggian sekitar 3.078 mdpl yang mencakup 3 kabupaten

Citizen6, Jakarta Gunung Ceremai atau Gunung Ciremai memiliki ketinggian sekitar 3.078 mdpl yang mencakup 3 kabupaten: Cirebon, Majalengka, dan Kuningan, membuatnya menjadi gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Barat. Di atas puncak gunung berjenis berapi kerucut ini terdapat dua kawah utama yang masing-masing berdiameter 400m dan 600m. Gunung Ciremai secara khusus dan resmi dikelola oleh pihak pengurus Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), dengan total luasnya 15.000 hektare.

Segala pengorbanan, kesusahan, penderitaan, dan lainnya yang rasanya tidak enak terbayar sudah. Puncak Ciremai yang sangat indah melunasi semuanya yang harus kami bayar di perjalanan menujunya. Dari atas terlihat awan menumpuk bagai permadani, Gunung Cikuray terlihat tegap menjulang, Gunung Slamet terlihat sangat menantang, dan di baliknya samar terlihat Gunung Sindoro dan Sumbing.

Terlihat pula Gunung Guntur dan Papandayan dengan samar, berbagai bukit dan pertanian warga, juga peradaban warga di sekitar 3 kabupaten yang sebelumnya sudah disebutkan. Beberapa jam setelah menikmati suasana di atas Puncak Ciremai, kami pun berlomba turun untuk melanjutkan peristirahatan di Pos 5. Selengkapnya

Pengirim:

Walter Pinem

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini