Sukses

10 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Dunia

Sepuluh warisan budaya Indonesia ini diakui telah diakui dunia internasional. Bagaimana dengan yang lain?

Citizen6, Jakarta Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya. Keberagaman masyarakatnya memungkinkan terjadinya hal tersebut. Namun, karena semakin modernnya gaya hidup, tingkat kepedulian masyarakat terhadap seni budaya itu makin menurun. Untuk melindungi warisan budaya Indonesia tersebut, UNESCO memasukkan sepuluh hal ini dalam daftar warisan budaya.

1. Noken

Noken adalah hasil kreativitas masyarakat tradisional di Papua. Noken berfungsi sebagai tas untuk menyimpan segala macam benda. Warna dan motif noken bermacam-macam. Bagi masyarakat Papua, noken adalah bagian yang akrab dalam tradisi kehidupan mereka sehari-hari. Noken disetujui menjadi salah satu benda yang tercatat di UNESCO sebagai budaya Indonesia pada 2011 lalu.

2. Subak

Subak adalah sebuah sistem yang sarat filosofi dalam kehidupan masyarakat Bali. Disebutkan, sistem Subak yang dikenal dalam masyarakat Bali ini adalah sistem demokrasi yang pantas untuk dikembangkan. Sistem subak digunakan dalam pembagian air di pesawahan, tempat ibadat, maupun kebutuhan masyarakat sehari-hari. Subak ditetapkan menjadi warisan budaya Indonesia melalui UNESCO pada 2012 lalu.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini