Sukses

Di Korea, Hewan Peliharaan Pun Operasi Plastik Agar Tampak Cantik

Siapa sangka kini di Korea Selatan tengah populer operasi plastik untuk hewan peliharaan agar makin tampak menarik

Citizen6, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau Korea Selatan merupakan negara dengan penduduk yang gemar melakukan operasi plastik. Di sana, adalah hal yang biasa melihat pria dan wanita mendatangi klinik kecantikan agar tampak lebih tampan/cantik. Nah, uniknya gaya hidup tersebut ternyata turut merambah hewan peliharaan di Korea Selatan.

Dilaporkan oleh Focus Asia, Sabtu (15/08/2015), awal bulan ini sebuah koran lokal di Korea mencantumkan artikel yang mendokumentasikan munculnya operasi plastik yang dilakukan pada anjing dan hewan peliharaan lainnya di Korea Selatan.

-

Prosedur untuk hewan peliharaan biasanya berkisar untuk membuat mata mereka tampak lebih besar ataupun untuk menghilangkan keriput di wajah. Semuanya dilakukan agar hewan peliharaan tampak lebih manis.

Misalnya saja, seorang wanita yang baru saja mengunjungi dokter hewan untuk vaksin anjing kesayangannya, disarankan oleh sang dokter hewan untuk mendapatkan prosedur menghapus kerutan di sekitar mulut anjingnya.

-

Tentu saja, ada alasan medis untuk melakukan operasi plastik pada hewan peliharaan. Misalnya, memperpanjang moncong yang pendek agar tak sulit bernapas atau menghapus keriput untuk mencegah bakteri berkumpul, bahkan menghilangkan bulu dan kulit di sekitar mata untuk membantu agar penglihatan hewan peliharaan lebih jelas.

Bagaimanapun, munculnya fenomena operasi plastik untuk hewan peliharaan menunjukkan betapa pentingnya penampilan bagi masyarakat sekarang ini. Salah satu dokter hewan bahkan berkata bahwa operasi tersebut benar-benar aman. Pemiliki hewan peliharaan memiliki hak untuk menyetujui atau tidak operasi tersebut.

Meski demikian, kelompok-kelompok pecinta hewan nyatanya tak menyetujui serta vokal menolak prosedur yang tak perlu tersebut. Menurut para pemrotes, memaksa hewan untuk operasi plastik adalah tindakan yang kejam dan harusnya dihukum. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.