Sukses

Ilmuwan Temukan Prasasti Ribuan Tahun Tentang Perubahan Iklim

Siapa sangka, zaman dulu pun perubahan iklim telah dibahas oleh manusia gua

Citizen6, China Sebuah tim peneliti internasional telah menemukan sebuah gua yang berisi tulisan kuno tentang efek perubahan iklim. Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Scientific Reports, tim dari Inggris dan Cina menggambarkan menemukan prasasti di dinding Gua Dayu di Gunung Qinling, Cina Tengah. Prasasti tersebut diperkirakan berasal dari antara tahun 1520 sampai 1920.

Dilansir dari Motherboard, Sabtu (15/08/2015), prasasti tersebut dengan detail menjelaskan dampak kekeringan pada masyarakat, politik, dan ekonomi terhadap daerah tersebut. Dan bahkan mereka berkolerasi dengan data geokimia yang diperoleh dari analisis interior gua. Hal tersebut memungkinkan para peneliti untuk melakukan pengecekan ulang dan memeriksa data geokimia yang ditinggalkan manusia zaman dulu di gua tersebut.

-

"Ini pertama kalinya kami memiliki bukti sejarah langsung perubahan iklim dari sebuah gua," ujar Sebastian Breitenbach, seorang peneliti dari Universitas Cambridge. Perubahan iklim diketahui memengaruhi semua elemen dalam gua dan para peneliti menemukan bahwa kadar karbon dan isotop oksigen yang tinggi berhubungan dengan tingkat curah hujan yang rendah.

Salah satu prasasti menyatakan bahwa pada tanggal 24 Mei tahun 17 (30 Juni 1891), walikota setempat Huaizong Zhu memimpin lebih dari 200 orang ke dalam gua untuk mendapatkan air. Seorang peramal juga berdoa untuk meminta hujan selama upacara. Para peneliti percaya, meski ini penemuan pertama prasasti yang merinci dampak perubahan iklim di Cina, mungkin akan ada lebih banyak penemuan di masa depan. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini