Sukses

Menjelajah Goa Gong, Goa Terindah di Pulau Jawa

Citizen6, Jakarta Goa Gong adalah goa terindah di Pacitan, bisa jadi goa terindah di pulau Jawa. Eksotisme dan keindahan goa ini rasanya tak ada bandingannya dengan goa-goa lain yang telah menjadi obyek wisata favorit di pulau Jawa.

Goa Gong sungguh eksotis saat dijelajahi. Di kiri kanan atas bawah lorong penuh dengan stalaktit dan stalakmit aneka bentuk, melembung menggumpal di sana sini sehingga perasaan seakan terbawa pada usus perut makhluk hidup raksasa. Barangkali inilah analogi wujud dari rahim Ibu Pertiwi. Sungguh indah, eksotis … mungkin beginilah suasana tatkala kita masih berada di rahim ibu yang mengandung kita selama 9 bulan lebih.

Goa Gong terkandung di dalam perut bumi gunung Gong-gongan yang terletak di wilayah Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Dari pusat Kota Pacitan jaraknya kira-kira 37 km ke arah barat. Dinamai Goa Gong karena ada stalaktit yang menggantung di atap goa bila dipukul akan menimbulkan bunyi bergema seperti laiknya suara gong, salah satu instrumen musik gamelan Jawa.

Jalan menuju Goa Gong relatif mulus dan mudah ditempuh baik dari arah Yogyakarta (Wonosari) maupun dari arah Solo. Jalanan cukup lebar dan nyaman dilewati. Setelah memasuki perkampungan beberapa km menjelang lokasi jalanan memang menyempit sehingga kendaraan harus pelan, apalagi bila harus bersimpangan.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini