Sukses

Kamis, Tiga Gunung Mengalami Kebakaran

Pada Kamis, 20 Agustus 2015 api melahap lereng tiga gunung di Jawa Tengah ini

Citizen6, Jakarta Pada Kamis (20/08/2015) tercatat tiga gunung di Jawa Tengah mengalami kebakaran. Gunung yang tercatat mengalami kebakaran yakni Gunung Merbabu, Gunung Lawu dan Gunung Sumbing. Jalur yang curam, angin kencang dan kabut cukup menyulitkan proses pemadaman api yang dilakukan secara manual. 

1. Gunung Merbabu

Titik api di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu terpantau sejak Rabu (19/08/2015). Kebakaran terlihat pertama kali oleh warga Desa Wonolilo, Sudaryanto. Kebakaran terjadi di wilayah Dukuh Citran, Jrakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Tim gabungan yang terdiri atas personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, sukarelawan, anggota SAR, anggota TNI, anggota Polri, dan warga akan diberangkatkan untuk pemadaman kebakaran Merbabu pada Jumat (21/8) melalui jalur pendakian Merbabu via Selo, Boyolali.

2. Gunung Sumbing

Api kebakaran di kawasan hutan lereng Gunung Sumbing pertama terlihat pada Kamis (20/08/2015) sekitar pukul 06.00 WIB. Kebakaran melanda wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Temanggung, Jawa Tengah. Kebakaran hutan tepatnya terjadi di Desa Jetis Kecataman Selopampang di petak 25 dan 26B KPH Kemloko Kecamatan Tembarak membakar vegetasi yang sebagian besar berupa rumput ilalang.

"Api cepat membesar, karena selain banyak vegetasi yang mulai mengering pada musim kemarau ini juga tiupan angin yang kencang," ucap Kepala BKPH Temanggung, Perum Perhutani KPH Kedu Utara, Cahyono.

3. Gunung Lawu

Kebakaran di Gunung Lawu melanda kawasan lahan Perhutani di sisi selaran Posko Pendakian Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar. Api yang menyala sejak Kamis (20/08/2015) siang terlihat di sekitar selatan Tlogo Dlingo, Desa Gondosuli oleh warga di perbatasan Desa Blumbang-Gondosuli.

"Belum diketahui secara pasti luasan area terbakar. Yang jelas di empat titik. Kami terus meng-update informasi. Biasanya menunggu terang agar pemadaman dapat efektif dilakukan," ucap Muhammad Rasyid, anggota SAR Karanganyar.

Akibat kebakaran yang terjadi, secara resmi seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu dan Gunung Lawu ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Sementara untuk pendakian Gunung Sumbing, belum diperoleh informasi lebih lanjut. Musim kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan dan angin kencang menjadi salah satu faktor, namun masih terus dicari tahu penyebab resmi kebakaran yang terjadi. Semoga api bisa cepat dipadamkan dan tidak meluas. (rn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.