Sukses

5 Potensi Dahsyat UMKM “Kampung Nelayan” Bajomulyo

Desa Bajomulyo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati.

Citizen6, Juwana Desa Bajomulyo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Letaknya yang tepat di tepi Sungai Juwana dimana terdapat salah satu pelabuhan dan Tempat Pelelangan Ikan terbesar di Pulau Jawa menjadikan desa ini identik dengan sebutan "Kampung Nelayan", hal tersebut juga karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan.

Selain itu, desa ini terkenal sebagai salah satu penyumbang pendapatan daerah terbesar di Kabupaten Pati, serta adanya berbagai kegiatan tahunan masyarakatnya seperti sedekah laut, sedekah bumi, serta penyelanggaraan orkes musik dangdut. Namun dibalik semua ketenaran itu, ada salah satu alasan lagi mengapa Desa Bajomulyo bisa cukup dikenal dan hal tersebut belum terlalu di ekspos oleh media, yaitu potensi UMKM yang ada di Desa Bajomulyo.

1. Produsen serta pengolahan ikan bandeng

Mungkin anda sering mendengar salah satu produk oleh-oleh “Bandeng Juwana”. Juwana merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Juwana yang dikenal sebagai produsen bandeng berkualitas yang menjadi bahan dasar oleh-oleh tersebut, dan dari Desa Bajomulyo lah sebagian besar bandeng tersebut berasal.

Di desa ini, banyak masyarakatnya yang membudidayakan ikan bandeng yang kemudian didistribusikan ke berbagai daerah, ada pula yang dijadikan berbagai makanan hasil olahan ikan bandeng, seperti nugget bandeng, bakso bandeng, kerupuk tulang bandeng, rolade ikan bandeng, dan masih banyak lagi.

2. Industri Handel Pintu gerbong kereta api

Bagi anda yang sudah pernah atau sering menggunakan jasa transportasi kereta api, pasti anda tidak asing dengan handel pintu yang ada di gerbong kereta ataupun handel yang ada diluar gerbong yang biasa anda gunakan untuk berpegangan ketika naik ke atas kereta. Perlu anda tahu bahwa handel-handel tersebut diproduksi di salah satu industri logam yang ada di Desa Bajomulyo.

3. Industri Handel Pintu

Di Desa Bajomulyo, terdapat beberapa industri kerajinan logam yang salah satunya di buat menjadi handel pintu berbahan dasar logam dan kuningan dengan bentuk yang variatif serta kualitas yang tidak kalah dengan merk-merk terkenal, bahkan sudah dipasarkan dan menerima pesanan dari berbagai daerah di Indonesia.

4. Industri kerajinan kuningan

Mungkin bukan hal yang tidak asing lagi bahwa Juwana selain terkenal karena bandengnya, juga terkenal karena kerajinan kuningannya. Di desa ini terdapat salah satu pabrik yang memproduksi berbagai kerajinan berbahan dasar kuningan.

5. Kerajinan miniatur

Yang tak kalah menarik adalah, di Desa Bajomulyo terdapat salah satu industri logam yang menghasilkan berbagai macam miniatur seperti sepeda, andong, becak, hingga motor gede atau moge. Bahkan jika anda pernah travelling ke daerah seperti Magelang, Yogyakarta dan Bali, ketika anda menjumpai kerajinan miniatur tersebut, bisa jadi kerajinan tersebut berasal dari Desa Bajomulyo. Pasalnya, produk kerajinan ini juga dipasarkan serta sering menerima order dari daerah-daerah tersebut.

 

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk Anda melalui Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini