Sukses

Awas, 5 Bakteri Mematikan Ini Ada di Kosmetik Kadaluarsa

Berhati-hatilah dengan kosmetik yang telah kadaluarsa. 5 bakteri berbahaya ini dapat menyerang Anda

Citizen6, Jakarta Hati-hati terhadap produk kosmetik yang murah. Bisa jadi para oknum menjual produk kecantikan yang sudah kedaluarsa untuk menekan harga dan mendapat untung. Jika benar oknum penjual nakal memperdagangkan jenis make up kedaluarsa mata bukan kecantikan yang akan Anda dapat melainkan penyakit atau lebih fatal berakibat kematian.

Beragam kosmetik seperti lipgloss, lipstik, blush-on, alas bedak dan lainnya akan menjadi sarang bakteri dan kuman yang membahayakan wajah jika telah melewati masa kedaluarsa. Namun, pada kenyataannya bukan hanya dari oknum penjual nakal saja, terkadang para wanita merasa sayang dengan kosmetik yang dimilikinya berharga mahal sedangkan tanggal kedaluarsa sudah lewat.

Jika tetap digunakan, seberapapun mahalnya kosmetik Anda waspada dengan bakteri yanga da di dalamnya. Sebuah tes laboratorium menunjukkan terdapat bakteri berbahaya pada produk kecantikan kedaluarsa.

London Metropolitan University melakukan penelitian dengan menguji lima produk kecantikan diantaranya foundation, lipgloss, dan blush on yang kedaluarsa. Hasilnya mengejutkan, produk-produk tak layak pakai tersebut mengandung bakteri dalam jumlah besar yang sangat berbahaya bahkan berpotensi mematikan.

Namun, banyak wanita yang tidak sadar bahwa kosmetiknya berpotensi membahayakan kesehatan. Salah satu bakteri di dalamnya bahkan menyebabkan balita-balita di Inggris meninggal dunia.

Awas, 5 bakteri mematikan ini ada di kosmetik kedaluarsa Anda. Segera cek tanggal kedaluarsa lima jenis kosmetik Anda sebelum digunakan, jangan merasa sayang karena berharga mahal, jika sudah melewati tanggal kedaluarsa hendaknya segera tinggalkan.

Berikut hasil uji laboratorium yang menyatakan ada bakteri pada lima jenis produk kecantikan ini:

1. Bakteri Enterococcus faecalis

Bakteri jenis ini terdapat foundation yang telah kedaluarsa selama 4 bulan. Bakteri ini merupakan bakteri penyebab penyakit meningitis yang sebabkan anak-anak di Inggris meninggal dunia.

Bakteri staphylococcus epidermidis dan eubacterium juga ada pada foundation kedaluarsa. Selain berrisiko meningitis sejak lahir, bakteri ini juga menyebabkan septicaemia, infeksi saluran kencing, jerawat dan infeksi vagina

2. Bakteri aeromonas

Bakteri ini menyebabkan infeksi luka dan gastroentritis. Penelitian dilakukan pada produk kecantikan berupa lipstik. Selain bakteri aeromonas, lipstik kedaluarsa bahkan yang belum kedaluarsa sekalipun bisa mengandung bakteri enterococcus faecalis dan staphyloccocus yang menyebabkan meningitis sejak lahir.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.