Sukses

Dua Kapal Perang Kolinlamil Dukung Sail Tomini 2015

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengerahkan dua kapal perang untuk mendukung kegiatan sosial kemanusiaan ini.

Citizen6, Jakarta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengerahkan dua kapal perang di jajarannya untuk mendukung kegiatan sosial kemanusiaan dan kemaritiman Sail Tomini 2015 yang mengambil tema 'Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan'. Kedua kapal perang tersebut yakni KRI Banda Aceh-593 yang melaksanakan Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara V (Bhakesra) dan KRI Teluk Bintuni-520 mendukung Kapal Pemuda Nusantara / pelayaran Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (KPN/LNRPB) ke-VI yang dilepas secara resmi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dari Dermaga JICT Tanjung Priok Jakarta, Jumat (28/08/2015).

Turut mendampingi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan saat pelepasan kapal perang tersebut yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Widodo, S.E, M.Sc. dan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S.Sos serta pejabat TNI lainnya.

Selain dua kapal perang dari jajaran Kolinlamil, juga turut mendukung Sail Tomini 2015 dan dilepas oleh Menko PMK Puan Maharani yakni KRI Dr. Soeharso-990 yang mendukung Surya Bhaskara Jaya (SBJ) ke-LXIV dan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-V menggunakan KRI Makassar-590. Keempat kapal perang tersebut, nantinya akan bergabung dengan kapal perang TNI AL lainnya dan akan turut mensukseskan event yang dipusatkan di Parigi Moutong Palu, Sulawesi Tengah, yang dijadwalkan Presiden RI Joko Widodo hadir pada puncak acara Sail Tomini 19 September 2015 mendatang.

KRI BAC-593 yang dikomandani Letkol Laut (P) Edi Haryanto melaksanakan Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara V dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terpencil, terluar dan tertinggal guna mengkoordinasikan dan mensinergikan berbagai program dan kegiatan yang dimiliki oleh berbagai pihak baik pemerintah, BUMN, swasta maupun organisasi kemasyarakatan agar tepat sasaran dalam pelaksanaannya dikoordinir oleh Kementerian PMK, selanjutnya Satgas Bhakesra akan menempuh rute Jakarta – Makassar – P. Muna – P. Wowoni –P. Banggai – Togean – Parigi – Makassar – Jakarta.

Sedangkan kegiatan LNRPB ke-VI menggunakan KRI Teluk Bintuni-520 dengan Komandan Letkol Laut (P) Letkol Laut (P) Ahmad Muharam yang juga menjadi bagian dari Sail Tomini 2015 diikuti ratusan peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, pramuka serta karang taruna yang bertujuan guna meningkatkan kecintaan bahari, rasa nasionalisme dari generasi muda terhadap tanah air sekaligus meningkatkan rasa persaudaraan dan kerjasama diantara para pemuda, LNRPB ke-VI akan menempuh rute Jakarta - Kotabaru - P. Siau – Tahuna – Ternate – Parigi – Bau-bau - Jakarta. (Dispen Kolinlamil)

Ket Foto: Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani didampingi Menpora Imam Nahrawi, Wakasal Laksdya TNI Widodo, S.E, M.Sc. dan Pangkolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia S.Sos saat melaksanakan peninjauan di KRI Banda Aceh-593 pada acara keberangkatan empat kapal perang TNI AL guna mendukung Sail Tomini 2015, dari Dermaga JICT Tanjung Priok Jakarta, Jumat (28/08/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini