Sukses

Enam Makhluk Berwajah Menyeramkan Ini Ada di Dasar Laut

Di dasar laut pun banyak terdapat makhluk-makhluk yang mungkin belum banyak diketahui.

Citizen6, Jakarta Makhluk-makhluk di dunia ini pasti diciptakan dengan berbagai macam bentuk dan rupa. Termasuk hewan, karena di dunia ini ada banyak sekali spesies hewan. Bahkan di dasar laut pun banyak terdapat makhluk-makhluk yang mungkin belum banyak diketahui.

Tapi faktanya, makhluk-makhluk dasar laut biasanya memiliki wajah dan bentuk tubuh yang menyeramkan. Bahkan cenderung seperti monster atau hantu. Makhluk-makhluk apa sajakah itu?

Dragonfish

Dragonfish atau yang dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan ikan naga ini biasanya ditemukan pada kedalaman laut dua km. Meskipun hidup sebagai makhluk dasar laut, namun sebenarnya dragonfish ini memulai hidupnya dari permukaan laut saat masih menjadi telur. Dragonfish juga punya kemampuan untuk menghasilkan cahaya sendiri supaya bisa menerangi lingkungan sekitarnya. Bahkan di bawah rahangnya juga ada sistem pencahayaan sendiri yang diduga digunakan untuk berburu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Frilled Shark

Frilled Shark

Makhluk mengerikan selanjutnya yang hidup di dasar laut adalah frilled shark atau hiu berjumbai. Bahkan karena tidak pernah terlihat, hiu ini disebut sebagai fosil yang hidup. Anda bisa menemukan makhluk yang satu ini di dasar Samudra Atlantik atau Samudra Pasifik. Mengenai cara berburu atau cara mencari mangsa hiu yang satu ini, para peneliti beranggapan bahwa hiu ini bergerak seperti ular. Ia akan menerjang mangsa, lalu memakan mangsanya hidup-hidup.

3 dari 6 halaman

Cumi-cumi Vampir

Cumi-cumi Vampir

Di dasar laut ada makhluk sejenis cumi-cumi, yang dijuluki cumi-cumi vampir atau vampire squid. Bisa dibilang makhluk ini adalah makhluk dengan ukuran mata terbesar di dunia. Sejak lahir, cumi-cumi vampir sudah hidup di kedalaman laut. Makanan cumi-cumi ini bukanlah menghisap darah. Tapi nama makhluk yang satu ini terinspirasi dari bentuk tubuhnya yang terlihat seperti jubah vampir.

4 dari 6 halaman

Cumi-cumi Raksasa

Cumi-cumi Raksasa

Jika biasanya cumi-cumi ditemukan dalam ukuran yang kecil, di dasar laut ada cumi yang ukurannya sangat besar. Bahkan cumi ini juga menjadi makhluk legendaris selama berabad-abad. Paslanya meskipun banyak yang membicarakan cumi ini, namun sangat jarang ada manusia yang berhasil melihatnya. Makhluk ini hidup di dasar laut, tapi kabarnya cumi raksasa sering berkelahi dengan paus sperma. Buktinya, sering ditemukan bangkai salah satu makhluk raksasa tersebut yang dianggap sebagai bekas pertempuran.

5 dari 6 halaman

Stargazer

Stargazer

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, stargazer ini bisa diartikan sebagai pelamun. Mungkin ikan yang satu ini memang sering melamun. Tampilan ikan stargazer ini bisa dibilang cukup menyeramkan. Pasalnya mulut dan kedua mata makhluk tersebut terdapat di bagian atas kepala. Uniknya, makhluk ini hobi sekali menguburkan dirinya di pasir dasar laut. Dan jika ada mangsa, ikan itu akan langsung melompat untuk menangkap mangsa.

6 dari 6 halaman

Gulper Eel

Gulper Eel

Gulper Eel atau yang juga sering disebut dengan belut Pelican ini juga menjadi salah satu makhluk paling aneh yang hidup di dasar laut. Makhluk yang satu ini punya ukuran mulut yang sangat besar sehingga bisa menelan banyak hal. Bahkan ketika ia membuka mulutnya, ia bisa menelan dirinya sendiri. Makhluk ini merupakan makhluk pengintai yang sangat ahli di dasar laut. Tapi seperti makhluk dasar laut yang lainnya, belut pelican ini juga jarang terlihat.

Itu tadi adalah enam makhluk penghuni laut dalam yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Bahkan sebenarnya masih ada banyak lagi makhluk-makhluk dasar laut yang memiliki wajah-wajah menyeramkan. 

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.