Sukses

Satpam Ini Gigih Belajar Meski di Bawah Lampu Jalan

Berikut adalah kisah insipiratif bagi siapa saja yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena keterbatasan.

Citizen6, India Foto di atas merupakan foto seorang security alias penjaga keamanan yang sedang belajar di bawah lampu jalan. Kisahnya diceritakan oleh Harsh Vats di Haryana, India.

Harsh baru saja pulang dari pesta saat ia menyadari ia tak lagi memiliki uang tunai. Ia pun menuju ATM terdekat untuk mengambil uang.

Saat itulah ia melihat seorang pemuda berusia sekitar 20 tahun duduk di bawah lampu jalan. Sang pemuda mengenakan seragam penjaga keamanan. Harsh yakin, pemuda itulah yang menjaga keamanan di ATM tersebut.

Mulanya Harsh mengira sang pemuda yang menyebutkan namanya Balinder Singh, sedang membaca komik atau majalah untuk membunuh waktu. Namun setelah dicermati, ternyata bukan. Tak dapat menahan rasa ingin tahunya, Harsh bertanya pada Balinder.

"Apa yang kau lakukan di bawah lampu jalan?"

"Aku sedang belajar, Pak."

"Mengapa kau tidak belajar di dalam ATM yang ber-AC dan lampunya lebih bagus?"

Balinder hanya tersenyum sambil menggeleng, "Tengah malam, mereka akan mematikan AC-nya. Tapi tak apa-apa. Aku merasa nyaman di sini."

 

Today while cmng bk frm a party I suddenly realised dat tomorrow is Rakshabandhan nd in d same refrence I looked at my...

Posted by Harsh Vats on Friday, August 28, 2015

 

Balinder mengatakan pada Harsh bahwa ia sedang belajar untuk mengikuti ujian Sekolah Menengah. Balinder yang berasal Fatehabad memang terpaksa sekolah sambil bekerja karena tidak memiliki biaya.

Harsh yang mendengar pernyataan tersebut merasa terharu. Tak banyak pemuda yang masih memedulikan pendidikan mereka sementara mereka masih harus bekerja. Menurutnya, Balinder adalah salah satu contoh kegigihan.

"Kita sering menyalahkan nasib atas kegagalan yang kita alami. Padahal kesuksesan sesungguhnya bukan berasal dari warisan atau nasib, namun bagaimana Anda berjuang menghadapi keterbatasan." (sul)

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya kisah inspiratif lainnya, silakan berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini