Sukses

GravityLamp, Lampu Unik Bertenaga Gravitasi

Lampu unik ini tak butuh listrik untuk menghidupkannya

Citizen6, Jakarta Beruntunglah bagi kita yang hidup di lingkungan tidak kekurangan sumber daya listrik, karena tidak semua lapisan masyarakat bisa menikmati manfaat dari listrik itu sendiri. Masih ada sekitar satu milyar orang di luar sana yang hidup tanpa sumber listrik sama sekali. Hal ini berarti banyak dari mereka yang masih mengandalkan lampu minyak tanah sebagai penerang saat mereka belajar, memasak, bekerja atau sekedar menerangi gelapnya malam tanpa rembulan.

Namun sebuah tim yang tergabung dalam kelompok ahli teknisi dari Inggris kini telah berhasil menciptakan perangkat baru yang mereka sebut “GravityLight” atau Lampu Gravitasi, sebuah alat yang mampu memberikan sumber cahaya hanya dengan menggunakan gaya gravitasi. Cara kerjanya mirip dengan sistem katrol, jadi kita hanya perlu menambahkan beban seberat 12 kg pada tali yang pertama, kemudian tali yang kedua digunakan untuk menarik beban (seoerti orang menimba) sampai keatas dan sekaligus menyalakan lampu led yang terpasang pada alat tersebut.

Selengkapnya, baca langsung di sini

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini