Sukses

Aneh, Pria dan Wanita di Kota Ini Hidup Terpisah

Di kota Ghadames pemerintahnya melarang kaum pria dan perempuan untuk tinggal satu lantai.

Citizen6, Libya Ada pemandangan unik yang terjadi di sebuah kota tua di Libya. Ghademes, pemukiman yang dikenal dengan Cydamus ini memiliki gaya arsitektur domestik yang luar biasa sehingga membedekannya dengan kota par-Sahara lainnya. Anehnya, di kota ini para pria dan perempuan hidup terpisah.

Dilansir Amusingplanet pada Rabu (2/9/2015), di kota ini pemerintahnya melarang kaum pria dan perempuan untuk tinggal bersama. Hal ini dilakukan karena penerapan hukum islam yang masih kental di kota ini.

Amusingplanet.com

Rumah-rumah yang berada di sepanjang gurun dari Libya ke Mauritania ini memiliki dua lantai utama. Lantai dasar biasanya berbentuk cekung dan diakses melalui pintu yang terbuka ke lorong sempit menuju ke ruang berbentuk persegi panjang. Lantai pertama biasa terdapat loteng, ruang tamu dan kamar tidur. Kadang-kadang juga lantai dua dibuat dengan tata letak yang sama.

Amusingplanet.com

Teras rumah yang berdekatan dan bergabung satu sama lain ini membentuk cityscape terbuka. Teras biasanya digunakan untuk kaum hawa yang ingin berkomunikasi bersama teman maupun tetangga. Sedangkan dibagian bawah umumnya diperuntukan bagi para pria untuk melakukan aktivitas mereka sehari-hari.

Amusingplanet.com

Ghadames sendiri sudah berdiri sejak periode Berber protohistoric, atau periode dominasi Romawi. Bahkan, pada 1986 silam kota tua ini dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini