Sukses

Unik, 6 Burung Ini Justru Tak Bisa Terbang

Ternyata ada beberapa burung yang tak mampu terbang. Burung apa saja?

Citizen6, Jakarta Kita semua tahu burung itu terbang, tapi tak semua burung bisa terbang lho. Ada beberapa spesies burung yang tidak tahu bagaimana caranya terbang, padahal sama-sama memliki sayap.

Entah apa alasan burung-burung ini tidak mau terbang, tetapi yang jelas burung-burung ini ogah mengangkat kakinya dari tanah, dan menolak tinggal di langit. Mungkin saja nenek moyangnya dulu tidak mengajarinya cara terbang.

Seperti dilansir Mother Nature Network (MNN), berikut beberapa spesies burung yang tidak tahu bagaimana caranya terbang.

6. Kakapo

Kakapo merupakan spesies burung beo dari Selandia Baru. Namun kakapo berbeda dengan burung beo lainnya yang pandai berbicara, dan tentunya bisa terbang. Kakapo merupakan jenis burung beo terberat di dunia yang membuatnya tidak bisa terbang. Sayangnya burung ini nyaris punah, terdapat sekitar 126 ekor burung kakapo yang diketahui masih hidup di muka bumi ini.

5. Guam rail

Pada tahun 1960, populasi burung ini begitu melimpah di Pulau Guam, tetapi menurun drastis karena ada ular pohon coklat yang menjadi predator burung ini.

Satu-satunya alasan kenapa burung ini selalu kalah oleh predatornya dikarenakan burung ini tidak bisa melarikan diri dengan cara terbang. Pada tahun 1980-an, burung ini dinyatakan punah di alam liar.

4. Kasuari

Ada tiga spesies kasuari, di antaranya kasuari selatan, kasuari utara, dan kasuari kerdil, yang semuanya asli dari New Guinea dan Australia.

Burung-burung ini adalah burung terberat kedua di dunia, di mana posisi pertama dipegang oleh burung unta. Mereka memiliki cakar pada kaki mereka yang dapat tumbuh hingga 5 inci dan dapat berlari dengan cepat hingga 31 mil per jam. Sayangnya, burung ini tidak bisa terbang karena kondisi badannya yang berat itu.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini