Sukses

5 Orang yang Namanya Dihapus dari Sejarah

Nama-nama berikut ini sengaja dihapus dan dihilangkan perannya dalam sejarah

Citizen6, Jakarta Sejak zaman dahulu, manusia berusaha menulis catatan sejarah atau peristiwa yang telah berlalu secara akurat. Berawal dari tuturan mulut ke mulut hingga akhirnya berbentuk tulisan, kisah-kisah manusia di masa lalu hingga kini bisa kita telaah dan kenang sebagai satu-satunya jembatan penghubung ke dunia yang telah hilang.

Tetapi sayangnya karena kepentingan dari pihak-pihak tertentu, sebuah peristiwa atau bahkan keberadaan seseorang sengaja dihapus dari catatan sejarah meskipun tidak semuanya berjalan sukses. Dan seiring berjalannya waktu, tokoh-tokoh sejarah yang namanya sempat ‘dihilangkan’ ini mulai muncul kembali sehingga kebenaran perlahan tapi pasti mulai terungkap. Ingin tahu siapa saja tokoh sejarah yang mungkin tidak pernah Anda dengar sebelumnya serta mengapa mereka dihapus dari sejarah?

1. Joseph Goebbels, penasihat Hitler

Pertama kali bertemu Goebbels, Hitler langsung tertarik dengan antusiasme, ide-idenya yang brilian dan kebenciannya kepada Yahudi, karena itu Hitler langsung memberinya jabatan sebagai penasihat pribadinya dan dikirim ke seluruh penjuru Jerman sebagai mesin propaganda Nazi yang sangat efektif. Tak lama kemudian, Goebbels pun menjadi salah satu orang kepercayaan Hitler.

Ketika pasukan Nazi di ambang kekalahan, Goebbels menyarankan Hitler untuk mempertimbangkan perundingan perdamaian. Tetapi saran itu ditolak mentah-mentah, Hitler bahkan memerintahkan untuk melawan hingga titik darah penghabisan. Diduga karena tidak suka dengan nasihat Goebbels yang dianggapnya pengecut ini, Hitler kemudian memerintahkan untuk menghapus Goebbels dari sejarah Jerman termasuk foto-foto dimana terdapat dirinya bersama Goebbels di atas.

2. Nikolai Yezhov, kepala agen rahasia Stalin

Nikolai Yezhov hingga kini dijuluki sebagai “The Vanishing Commissar” oleh para sejarawan karena semua foto-fotonya bersama Stalin dihapus setelah dia dieksekusi pada tahun 1940. Meskipun Yezhov adalah seorang yang setia kepada Stalin dan bekerja untuknya sebagai kepala agen rahasia, tetapi hal itu tidak menghentikan kekejaman Stalin.

Diduga karena menyalahgunakan kekuasaannya sebagai kepala agen rahasia, Stalin mencopot jabatan Yezhov dan memasukkannya ke dalam penjara. Pada tanggal 4 Pebruari 1940 Yezhov dieksekusi di tempat yang ironisnya sering digunakannya untuk mengeksekusi tawanan tanpa melalui pengadilan yang semestinya.

3. Leon Trotsky, revolusioner Rusia

Sebagai salah seorang penggagas revolusi Bolshevik di Rusia, nama Trotsky pernah berusaha dihilangkan dari buku sejarah oleh Stalin karena keputusannya untuk meninggalkan partai komunis. Sebelumnya Trotsky bersama Lenin, Stalin, Zinoviev, Kamenev, Sokolnikov dan Bubnov mendirikan Partai Buruh Sosial Demokratik Rusia yang berhaluan komunis.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini