Sukses

6 Negara dengan Kasus Pembunuhan Tertinggi di Dunia

Sebuah negara seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh penduduknya.

Citizen6, Jakarta Sebuah negara seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh penduduknya. Tapi di beberapa negara, justru kenyamanan dan keamanan seolah menjadi hal yang tabu. Tindak kriminal bisa terjadi di manapun dan dengan cara apapun, termasuk kasus pembunuhan. Dan percaya atau tidak, kalau ternyata di dunia ini ada beberapa negara yang punya tingkat kasus pembunuhan paling tinggi.

Jadi bisa dibilang di beberapa negara tersebut pembunuhan adalah hal yang lazim dan sering terjadi. Mengerikan sekali, bukan? Berikut ini adalah daftar negara dengan kasus pembunuhan tertinggi di dunia.

1. Jamaika

Negara pertama yang tercatat punya kasus pembunuhan tertinggi di dunia adalah, Jamaika. Negara yang berdiri di atas tanah seluas 11.000 kilometer persegi. Jamaika ini merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Karibia. Sudah bertahun-tahun Jamaika menjadi sorotan dunia karena seringnya terjadi kasus pembunuhan. Kasus pembunuhan dan kejahatan khususnya kekerasan seringkali terjadi di kota-kota besar, terutama di Ibukota Jamaika, Khingston.

2. Venezuela

Sebuah negara seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh penduduknya.

Di urutan kedua ada Venezuela, negara yang terletak di pantai utara Amerika Selatan. Venezuela sebenarnya dikenal sebagai salah satu pengekspor minyak terbesar di dunia. Tapi disisi lain, negara ini juga punya catatan kelam. Venezuela menjadi salah satu negara yang punya kasus pembunuhan tertinggi di dunia. Bahkan karena terlalu sering terjadi kasus pembunuhan, hanya ada sekitar 19% warga Venezuela yang berani keluar atau bepergian di malam hari. Bayangkan, lebih dari 50.000 orang dari 100.000 tewas di Venezuela. Dan angka ini terus meningkat setiap dekade.

3. Honduras

Sebuah negara seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh penduduknya.

Honduras merupakan negara yang berpenduduk kurang lebih 8,25 juta orang. Menurut PBB yang menangani masalah Narkoba dan kejahatan, Honduras ternyata punya tingkat pembunuhan yang cukup tinggi. Bahkan sejak di Honduras menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia, wisatawan asing maupun lokal sering menjadi korban kejahatan dan kekerasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belize

4. Belize

Sebuah negara seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh penduduknya.

Belize adalah negara dengan luas sekitar 22.800 kilometer persegi. Penduduknya di negara terebut hanya ada sekitar 340.000 jiwa. Negara yang terletak di Amerika Tengah ini terkenal memiliki keindahan alam yang cukup menakjubkan. Namun di samping itu, Belize tidak cukup menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk para penduduknya. Tercatat sekitar 45 kasus pembunuhan dari setiap 100.000 penduduk. Hal itulah yang membuat Belize menjadi salah satu negara paling berbahyaa di dunia.

5. El Salvador

Sebuah negara seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh penduduknya.

Di urutan selanjutnya ada negara El Salvador yang letaknya di Amerika Tengah. Jumlah penduduk di negara ini mencapai 6,3 juta orang. Sayangnya tingkat kejahatan di El Salvador cukup tinggi. Bahkan yang membuat miris adalah, besarnya tingkat kejahatan di El Salvador disebabkan oleh geng-geng remaja. Tahun 2004 lalu sekitar 60% pembunuhan yang terjadi disebabkan oleh geng lokal yang berasaing memperebutkan wilayah.

6. Guatemala

Sebuah negara seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi seluruh penduduknya.

Guatemala adalah negara kecil di Amerika Tengah yang paling berbahaya. Bahkan negara ini menduduki posisi puncak dalam daftar lima besar negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Negara ini hanya berpenduduk sekitar 16 juta jiwa, menjadi salah satu yang terpadat di Amerika Tengah. Bahkan menurut catatan resmi, setiap bulan bisa terjadi rata-rata 100 kasus pembunuhan.

Itu dia daftar enam negara yang memiliki kasus pembunuhan terbanyak di dunia. Jika dilihat, kebanyakan adalah negara-negara yang berasal dari benua Amerika. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

***Ingin berdiskusi soal uniknya dunia yuk klik di http://forum.liputan6.com/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.