Sukses

Enam Hal Terbaru yang Belum Kita Ketahui Tentang Einstein

Einstein dianggap sebagai sosok ilmuwan yang paling populer sepanjang masa.

Citizen6 Seluruh dunia pasti tahu siapa itu Albert Einstein, seorang ilmuwan yang dikenal jenius dan berjasa atas penemuan-penemuannya. Einstein dianggap sebagai sosok ilmuwan yang paling populer sepanjang masa. Bahkan, penemuan Einstein mengenai teori relativitas E=mc2 dalam ilmu fisika telah banyak mengubah dunia.

Ilmuwan yang satu ini juga dikenal sebagai sosok yang punya ingatan buruk. Namun terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui mengenai sosok Einstein, seperti beberapa fakta berikut ini.

Mendapat Penghargaan Nobel

Seperti yang tadi sudah disampaikan, Einstein adalah sosok penemu teori kontroversial yang disebut dengan teori relativitas. Teori ini sempat menjadi perdebatan di kalangan para ilmuwan. Akan Einstein bukan hanya menemukan teori itu saja, karena banyak hukum dan teori baru yang berhasil ia temukan. Hal tersebut membuat banyak orang yang menaruh respek terhadap Albert Einstein. Itu dia yang mendorong sosok Einstein untuk menerima penghargaan Nobel atas berbagai macam penemuannya.

Teori Relativitas yang Kontroversional

Di poin nomor satu tadi disebutkan bahwa Einstein mendapatkan penghargaan Nobel karena berbagai penemuannya. Ia memang pernah mendapatkan penghargaan Nobel untuk hukum-hukum baru yang ditemukannya. Semua pihak pun merasa puas dan terbantu dengan hukum atau teori baru yang ditemukan olehnya. Tapi ternyata teori relavititasnya yang kontroversial disebutkan tidak akan pernah memenangkan penghargaan Nobel.

Diceraikan Istri Pertama

Menurut sejarah, Einstein pernah menikah lalu diceraikan oleh istri pertamanya tersebut. Penyebab perceraian dengan istri pertamanya terbilang cukup aneh. Pasalnya, sang ilmuwan diceraikan karena ia memberikan uang yang diterima dari hadiah Nobel kepada istrinya. Tapi yang unik, ia memberikan uang tersebut beberapa tahun sebelum ia benar-benar mendapatkan hadiah Nobel. Ternyata kepercayaan diri Einstein itu menjadi kenyataan beberapa tahun kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Memori yang Buruk

Entah menderita penyakit apa, tapi ternyata seorang ilmuwan seperti Einstein punya memori yang buruk. Bahkan ia diklaim selalu kesulitan dalam mengingat nama orang, tanggal dan nomor telepon. Bagi orang biasa, hal ini mungkin akan sangat menganggu kehidupannya. Tapi berbeda dengan Einstein, karena ia justru membuktikan kemampuannya dengan mendapat hadiah Nobel.

Menikahi Sepupunya

Pada poin nomor tiga tadi disebutkan bahwa Einstein sempat bercerai dengan istri pertamanya karena hal yang bisa dibilang cukup aneh. Tapi ternyata ia melakukan hal aneh lainnya, yakni menikahi sepupunya sendiri. Di beberapa daerah, pernikahan dengan suadara sendiri mungkin tidak bisa dianggap sah. Tapi untung saja hal itu bisa diterima di tempat Einstein tinggal. Setelah menikah dengan istri keduanya, Einstein langsung hijrah ke Amerika Serikat, karena saat itu Nazi mulai berkuasa.

Menjadi Inspirasi untuk Tokoh Film

Bagi Anda pencinta film Hollywood, pasti Anda tidak asing dengan film Star Wars. Film ini begitu legendaris, bahkan para penggemarnya pun masih tetap banyak hingga sekarang. Namun yang unik adalah, ada satu tokoh pada film Star Wars yang ternyata terinspirasi dari sosok Albert Einstein. Stuart Freeborn yang menciptakan karakter Yoda pada film Star Wars ternyata terinspirasi dari sosok Einstein, terutama dari penampilannya.

Itulah enam fakta menarik mengenai sosok Albert Einstein yang selama ini belum pernah Anda ketahui. Hal itu membuktikan bahwa ternyata di balik geniusnya Einstein, ada banyak hal-hal aneh yang mungkin tidak bisa diterima oleh orang lain.

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini