Sukses

Tiga Perbedaan Fisik Uang Kertas Rupiah dan Dolar AS

Citizen6 Saat ini masyarakat Indonesia sedang dipusingkan dengan nilai rupiah yang kian melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Bahkan 1 USD nilainya sudah mencapai lebih dari Rp 14 ribu. Hal ini tentunya harus segera ditindak lanjuti dengan serius oleh pemerintah Indonesia dan oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Namun terlepas dari hal itu, tahukah Anda kalau ada beberapa perbedaan fisik antara uang kertas Rupiah dan Dolar AS?

Bahan

Perbedaan pertama ada pada bahan baku utama pembuatan uang. Uang kertas rupiah mungkin memang terbuat dari bahan dasar kertas. Namun, tahukah Anda kalau dolar ternyata tidak dibuat dengan bahan dasar kertas? Melainkan uang-uang kertas tersebut dibuat dari bahan baku kain katun dan linen. Bahan tersebut bisa membuat uang kertas dolar Amerika Serikat lebih tahan lama, dan tidak mudah hancur meskipun terkena air.

Warna Dasar

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia setiap nilai uang kertas warnanya berbeda-beda. Mulai dari uang seribu sampai nilai uang kertas terbesar seratus ribu, warna dasarnya berbeda-beda. Ada warna hijau, abu-abu, biru, ungu, dan merah. Berbeda halnya dengan uang dolar Amerika Serikat yang ternyata dibuat dengan warna dasar yang sama untuk semua nilai. Mulai dari uang 1 USD sampai 100 USD warna dasarnya adalah putih.

Gambar

Uang kertas dolar Amerika Serikat mulai dari nilai 1 USD sampai 100 USD gambarnya memang berbeda. Namun jika dilihat, setiap nilai uangnya seolah tidak ada perbedaan dan monoton. Berbeda dengan uang kertas rupiah yang punya gambar lebih menarik. Bahkan di kedua sisinya pun melambangkan bagaimana keragaman Indonesia. Mulai dari gambar pahlawan dan gambar kebudayaan tradisional Indonesia di sisi lainnya.

Itu dia tiga perbedaan fisik antara uang kertas rupiah dan dolar Amerika Serikat yang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Bahkan cara uang dolar dan rupiah diberlakukan pun berbeda. Coba saja lihat, pasti Anda sering melihat ada uang yang dilipat-lipat tidak beraturan. Iya, kan?

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

****Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini